Pranala.co.id – Limbah rumah makan di kelurahan ipilo Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo diduga tak memiliki instalasi limbah.

Hampir semua limbah rumah makan dibuang langsung ke saluran air tanpa ada upaya pengolahan limbah terlebih dahulu. Sisa makanan, dan limbah cair langsung dibuang ke drainase.

“Limbah rumah makan tidak dipisahkan, sisa makannya langsung dibuang di got dan tentunya aroma tak sedap ini sangat mengganggu masyarakat sekitar”. kata salah satu masyarakat yang enggan disebut namanya.

Lanjutnya, Akibat ulah pengelola rumah makan ini, drainase sepanjang kelurahan ipilo mampet tidak berfungsi.

Pihaknya mengakui sudah berulang kali mengimbau pengelola rumah makan, namun hal itu tidak ditindak lanjuti. Rabu (27/11/2019)

Menanggapi hal itu, Indriani Dunda, salah satu Aleg DPRD Provinsi Gorontalo mengatakan, Hal ini segera ditindak lanjuti, karena, tentu dengan adanya limbah tersebut sangat meresahkan rakyat yang akan berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar.

“Hal ini perlu adanya kerja sama dengan kelurahan, tentunya aparat kelurahan harus lebih responsif mendatangi masyarakat, karena hal ini lebih penting daripada pembangunan jembatan dan lain sebagainya” tutur Aleg Komisi 2 itu.

Lanjut indriani, jika pemerintah setempat belum sempat menindak lanjuti hal ini, maka DPRD akan mengundang pemilik rumah makan untuk menghadiri Rapat dengar pendapat.