Pranala.co.id (Deprov) – Pandemi Covid-19 berpotensi menimbulkan krisis sektor ekonomi dunia, baik sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan serta para pelaku usaha Kecil Menengah (UKM).

Pemerintah Daerah Gorontalo saat ini, terus menyalurkan bantuan kepada rakyat terdampak covid, hal ini tentunya untuk mengantisipasi krisisnya ekonomi, tak hanya itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo pun terus berupaya membahas pergeseran anggaran, guna penanganan wabah tersebut.

Demi membantu Pemerintah Provinsi Gorontalo, Enggartiasto Lukita, selaku mantan menteri perdagangan sekaligus politisi senior Partai Nasdem, berupaya menggalang sejumlah pengusaha dalam mengatasi wabah tersebut yang kian melemahkan sektor ekonomi.

Diketahui, upaya ini dilakukan Enggartiasto melalui sinergitas bersama Anggota legislatif Provinsi Gorontalo, Indriani Dunda. Hal ini guna membantu dalam pengumpulan para pengusaha guna membantu penanganan covid -19.

” Kebetulan pak Enggartiasto Lukita saat ini sangat peduli dengan penanganan covid-19, sehingga untuk Gorontalo pun, beliau ikut memberikan bantuan, termasuk upaya menjalin sinergitas bersama pengusaha lainnya dalam penanganan covid-19,” ungkap Indriani.

Penyaluran APD bersama Yayasan Satu Hati Berbakti. Photo : Ferdi

Lebih lanjut Indriani mengatakan, Jika sebelumnya saat menjadi Menteri Perdagangan, Enggartiasto mengumpulkan pengusaha untuk menjaga stabilitas harga bahan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri, di Ramadhan kali ini, ia mengumpulkan pengusaha untuk menggalang sumbangan ke daerah-daerah dan berbagai rumah sakit di Tanah Air.

“Nah untuk Gorontalo Alhamdulih bisa mendapatkan bantuan APD fullset yang distribusikan di beberapa rumah sakit dan Puskesmas – puskesmas di Gorontalo,” katanya.

Srikandi partai nasdem ini, juga menjelaskan, penyaluran bantuan, kami dibantu oleh pengusaha jakarta Pak Then Herry, Yayasan Sahati dan yayasan love indonesia Deasy chow .

” Bantuan para pengusaha ini kami kemas dalam bentuk Baksos, penyalurannya saya dan Yayasan Sahati serta para sahabat dari partai Nasdem Gorontalo yang mendistribusikannya,” jelasnya.

Indriani Dunda, mengatakan untuk penyaluran kali ini ia menyalurkan 200 paket Alat Pelindung Diri (APD), ke Puskesmas di sembilan kecamatan yang ada di Kota Gorontalo, bersama Yayasan Satu Hati Berbakti (Sahati).

Indriani mengungkapkan, bantuan tersebut diberikan atas inisiatifnya bersama anggota Yayasan Sahati dan beberapa pengusaha, karena APD ini sangat penting dan dibutuhkan oleh tenaga medis.

“terkadang para tenaga medis itu ketakutan untuk merawat pasien yang terkena corona karena mereka tidak punya APD sehingganya bantuan APD ini saya kira sangat penting dalam menjaga tenanga medis,” ungkap Indri Kepada awak media, usai membagikan APD, Jumat (8/05/2020).

Ia menambahkan, penyaluran ini pun akan dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk tahap pertama ini 200 APD, dan tahap kedua pun APD dengan jumlah yang sama. Adapun isi paket APD tersebut adalah sepatu, rapid test, masker, pestil, serta baju yang bisa dicuci.

Adapun rumah sakit yang di distribusikan bantuan paket APD pada hari pertama yakni Rumah Sakit Aloe Saboe (RSAS) Kota Gorontalo, dan Rumah Sakit Sitti Khadijah Kota Gorontalo.