Pranala.co.id (Gorontalo) – Kepolisian Resor Gorontalo Kota menggelar lomba kelurahan tangguh dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada tanggal 01 Juli 2020.

Menariknya, Kegiatan lomba kelurahan tangguh ini diikuti oleh 5 kelurahan yang terletak di Kota Gorontalo.

Beberapa kelurahan yang mengikuti lomba tersebut antaralain, Kelurahan Siendeng Kecamatan Hulonthalangi, Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Timur , Kelurahan Pilolodaa Kecamatan Kota Barat , Kelurahan Wongkaditi Barat Kecamatan Kota Utara dan kelurahan Dulalowo Kecamatan Kota Barat. penilaian untuk lomba kelurahan tangguh dilakukan pada hari ini , Rabu (24/06/20)

Kabag Ops Polres Gorontalo Kota Kompol Lufti Amir , SH,SIK Selaku wakil ketua panitia pelaksanaan Hari Bhayangkara ke 74 menjelaskan bahwa tujuan di adakan nya lomba kelurahan tangguh ini adalah agar masyarakat benar-benar paham tentang protokol kesehatan saat beraktifitas di dalam rumah maupun diluar rumah di fase new Normal.

Kompol Lufti menjelaskan kategori atau kriteria penilaian lomba kelurahan tangguh, berpedoman pada Standar Protokol Kesehatan yang mengusung tema cegah covid-19, dan new normal.

“Beberapa penilaiannya antara lain :  kesiapan posko pelayanan kesehatan, disetiap rumah ada tempat cuci tangan dan sabun, masyarakat sekitar selalu menggunakan masker dalam kesehariannya, himbauan spanduk, ucapan selamat datang, kebersihan, estetika, pemilihan lokasi dan lain sebagainya.” Jelasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, dari lomba yang digelar, Ada yang cukup menarik antaralain, masing masing kelurahan juga bisa menampilkan peragaan joget bernyanyi 1 tim yaitu yel yel. Hal ini bertujuan agar masyarakat bisa menghilangkan kepenatan mereka selama masa PSBB di tengah pandemi covid 19 .

“ mereka membuat yel yel untuk menghilangkan kepenatan mereka saat masa PSBB yg bs jd hiburan, melatih kekompakan, berkreasi bersama.” Ujar Kompol Lufti.

Foto : Humas Polda Gorontalo

Sementara itu, Kapolres Gorntalo Kota AKBP Desmont Harjendro,A.P, S.I.K, M.T,  mengatakan program tersebut sangat diapresiasi karena menghadirkan berbagai kegiatan yang positif.

Saya melihat, konsep kelurahan tangguh adalah masyarakat sudah siap menghadapi fase new normal yang sesuai dengan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak serta menjaga kebersihan lingkungan.” Tuturnya.

Lanjutnya, saat penilaian nanti kelurahan yang berhasil mendapatkan juara satu akan di tunjuk sebagai perwakilan lomba untuk kelurahan nusantara.

Akhir kata Kapolres mengatakan Ucapan Terima kasih kepada warga masyarakat kota gorontalo yang telah semangat dan berupaya utk mendukung kegiatan ini.

“Semoga kita semua selalu bisa menjaga diri kita agar tetap sehat dan terhindar dari virus covid 19″.
Tutup alumnus Akpol 2000 ini.