Pranala.co.id (limboto) –Sejarah membuktikan  Peranan Muhammadiyah dalam dunia pendidikan semakin nyata, 11 tahun  silam Universitas Muhammadiiyah Gorontalo mampu menorehkan berbagai kontribusi terhadap kemajuan Gorontalo.

Milad UMGO ke 12 tahun membuktikan kontribusi nyata dalam sector pendidikan masa kini guna menjawab tantangan zamana dimasa depan, hal itu dibuktikan dengan lahirnya lulusan – lulusan  yang produktif dari berbagai jurusan .

Prof. nelson pomalingo selaku mantan Rektor UMGo mengtakan, Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan terbesar setelah Nahdatul Ulama (NU). Muhammadiyah sebagai salah satu pilar pembangunan Negara maupun Daerah.

lanjutnya, Memperingati Milad Muhammadiyah ke 12 ini cukup menjadi sebuah kebanggan, dimana UMGO mampu menorehkan peringkat Ke -2 di seluruh Provinsi Gorontlo dari segi akreditasi .

Nelson berharap  Kontribusi  muhammadiyah kedepan untuk Daerah sangat penting sekali, tidak hanya untuk Umat, tetapi terpenting ialah dalam pembentukan Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk berkontribusi membantu kemajuan Daerah.

“Kontribusi Muhammadiyah semakin nyata, salah satu contoh kontribusi yang diberikan dalam hal ini dilihat dari penceghan Covid-19, haltersebut bisa dilihat dengan dihibahkannya Rusunawa sebagai tempat isolasi karantina, perbantuan tenaga kesehatan sebagai relawan, serta dalam bidang riset dan pengabdian kepada masyarakat. Hal ini tentunya benar –benar dirasakan bangsa ini termauk daerah. “ jelas Nelson. (11/6/2020).

Menjaga ruh muhammadiyah dan keumatan dalam bidang keislaman, Nelson mengatakan Sejauh ini Muhammadiyah hanya menyediakan berbagai jurusan umum, dan  belum ada jurusan yang spesifikasinya ke pendidikan agama islam, namun dengan milad ini tentunya menjadi semangat baru dalam mendorong hadirnya Jurusan Keagamaan di UMGo.

Nelson juga menambahkan, Alhamadulillah pihaknya sudah menalin kerjasama dengan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF). Menariknya di AMCF mereka mimiliki lulusan D2 yang berasal dari timur tengah, guna mendorong pendidikan agama islam di UMGO

“mendorong PAI sebagai salah satu khas dari perguruan tinggi Muhamadiyah, sebagai organisai islam. Kita berharap ada jurusan seperti ini di UMGO kedepan, tapi sampai hari ini belum ada jurusan tersebut. Di zaman saya saat menjabat sebagai Rektor hal ini sudah diusulkan, tapi terkendala dengan izinnya yang belum keluar, karena itu  kaitannya dengan Kementerian Agama (Kemenag).” Tutupnya.