Pranala.co.id (Limboto) – Komitmen Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam mencegah virus corona (Covid-19) terus dilakukan.

Mulai dari penyemprotan cairan disinfektan, penyediaan fasilitas ruang isolasi bagi pasien di RSUD Limboto, penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai fasilitas pelayanan strategis pun di atur sistem protokol kesehatannya serta berbagai imbauan pencegahan corona, termasuk anggaran Pemda Kabupaten Gorontalo telah disediakan dengan jumlah yang fantastik yakni senilai 9 Miliyar.

Cara ini pun terus dilakukan guna keselamatan dan kesehatan masyarakat Kabupaten Gorontalo termasuk menggandeng unsur forkopimda penanganan dan pencegahan virus corona tersebut.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Gorontalo telah menggandeng PT Harvest Gorontalo dan Bank Sulutgo Cabang Limboto, sebagai sponsor pendamping memperkenalkan obat herbal SOMAN, yakni herbal sozo Formula Manggata I-Soman I.

Pengenalan herbal soman kepada masyarakat ini dilakukan usai kegiatan senam pagi, di lapangan sport center Limboto, Jumat, (27/03/2020). Dengan tema” Peduli Covid-19,Bersama Kita Lawan Corona Dengan Menjaga Imun Tubuh”.

Sedikitnya tentang Cairan herbal soman sendiri adalah sediaan cair hasil ekstraksi campuran 39 jenis bahan alam, terdiri biah,sayur dan rempah, yang bermanfaat untuk membantu memelihara daya tahan tubuh. Tumbuhan buah, sayur merupakan bahan alam yang telah digunakan secara turun menurun untuk pemeliharaan kesehatan.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo berharap kepada masyrakat, walaupun kadangkala menyendiri di rumah tapi tetap berolah raga dan berpanas matahari.

Ia berharap masyarakat tidak sekedar bersih diri, bersih lingkungan, tidak sekedar olah raga, tidak sekedar mengikuti protokol kesehatan, tidak sekedar berdoa tapi juga ada Ikhtiar yang lain yaitu kita harus punya anti bodi.

“Kita harus makan yang baik dan bergizi termasuk menambah anti bodi salah satunya adalah herbal Soman. Soman ini, dalam bentuk cair sebagai produk asli Gorontalo dari “Manggata” bahasa Gorontalonya dan bahasa Indonesianya “Rumput Teki”. Ucap Nelson.

Nelson menambahkan, keunggulan Rumput Teki adalah salah satu tumbuhan ketika dipangkas hari ini ,besoknya tumbuh lagi. “Maka dengan minum soman, Insya allah kesehtaan terjaga dan dijauhkan dari virus tersebut, Akarnya dibuat herbal soman. Soman ini tak hanya memperkuat segala fitalitas, kekuatan, termasuk imunisasi di diri kita,” Sambungnya.

Nah, yang lebih menggembirakan, Kata Nelson Soman ini sudah beredar di 12 negara dan insya allah ada 40 negara yang akan di eksport dan ini menjadi kebanggaan Gorontalo. “ dunia kita bawah ke Gorontalo dan Gorontalo di kenal di dunia melalui Soman,” Ucap Nelson.

Oleh karena itu,harapan saya, kepada seluruh rakyat Gorontalo harus merasa memiliki dan menggunakan soman ini dengan baik. Tidak hanya,dibagi-bagi hari ini tapi sekalian membeli di apotek-apotek terdekat atau langsung saja di pabriknya di desa Pilohayanga Kabupaten Gorontalo.

“Mari kita tetap melakukan bersih-bersih diri,bersih lingkungan dan kita juga makan bergizi,vitamin ada, olah raga jangan dilupakan, berjemur diri termasuk jangan bersalaman dan menjaga jarak. Sambil berdoa, Insya Allah Gorontalo tidak terkena dan bebas Virus corona atau Covid- 19,” Tandas Nelson.