Pranala.co.id (Limboto) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo melaksanakan apel korpri. Apel yang berlangsung di halaman kantor Bupati Gorontalo tersebut di pimpin langsung Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Selasa (17/03/2020). Tampak hadir Sekda Ir. Hadijah U Tayeb, para asisten, staf ahli Bupati, Pimpinan OPD dan peserta apel korpri seluruh ASN .

Dalam arahannya, Bupati Nelson mengatakan alasanya tidak meliburkan aparatur sipil negara (ASN) selama masa siaga dalam menghadapi penyebaran virus corona saat ini. Menurutnuya edaran Menpan itu menyebutkan para ASN dapat melakukan pekerjaan dari rumah, bukan berarti diliburkan.

“Edaran Menpan yang harus ditafsirkan, ASN tidak ada yang diliburkan. Yang benar, sebagian ASN boleh bekerja dari rumah, dengan kriteria terentu semisalkan sedang sakit, sedang berada di lokasi penyebaran virus, ada keluarga yang kurang sehat, tentunya  ia harus melaporkan kalau dirinya bekerja di rumah dan apa yang dikerjakan, serta lokasi yang jauh dari tempat kerja.” Ungkap nelson.

Meski begitu, edaran Menpan bagi ASN untuk bekerja di rumah diatur lebih lanjut oleh kepala daerah masing-masing. Bupati Nelson pun menjelaskan ada beberapa kriteria ASN  diperbolehkan bekerja di rumah, karena itu, Bupati Nelson meminta pelayanan publik tetap berjalan. ” paling utama, pelayanan publik harus tetap terjaga, pelayanan publik kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa,” Pinta Nelson.

Lebih lanjut ia menegaskan dalam  mencegah Penyebaran Corona , Nelson meminta seluruh OPD menerapkan standar operasional prosedur (SOP) khusus. Mulai dari menyediakan alat cuci tangan beserta sabun, dan juga menyiapkan Thermal Gun (Pengecek suhu badan) di masing-masing kantor, sert mengimbau untuk membiasakan pola hidupsehat, olahraga, mengonsumsi makanan bergizi hingga membiasakan berjemur..

“Jadi setiap pegawai datang harus di cek suhu tubuhnya, kalau di atas 37.5 Derajat Celcius  langsung diperiksa,” pinta Nelson akhiri arahannya.