Pranala.co.id (Limboto) – Usai penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Gorontalo yang resmi berakhir Minggu kemarin, mulai hari ini, Kabupaten Gorontalo menerapkan Norma Perilaku (NP) Baru. Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, masyarakat Kabupaten Gorontalo akan memulai sebuah tatanan kehidupan baru yang berlandaskan protokol kesehatan didalamnya.

“Khusus Kabupaten Gorontalo, secara konseptual dan secara regulasi kita akan terbitkan minggu ini juga, yang kita katakan disebut dengan NP baru” Ungkap Nelson saat memimpin apel pagi di Rumah Sakit MM Dunda Limboto pagi ini. Senin (15/06/2020).

Nelson mengatakan bahwa hal seperti ini juga berlaku di dearah lain. Jika di Jakarta disebut dengan transisi, dan di Jawa Barat di sebut dengan frasi kehidupan baru, sedangkan di Kabupaten Gorontalo disebut dengan NP baru.

Selain itu kata Nelson, Norma Perilaku Baru ini juga akan menitikberatkan pada regulasi. Maksudnya adalah pemberian sanksi pada pelanggar aturan dari Norma Perilaku Baru itu sendiri.

“Kita didalam NP Baru ini, secara konseptual kita lakukan, dan juga regulasi, dan diregulasi itu akan ada sanksi. Kalau waktu PSBB itu sanksi tidak terlalu ketat, maka di NP Baru ini sanksi itu harus dilakukan” Tegas Nelson

Ia juga mengungkapkan bahwa seluruh hal yang berkaitan dengan NP baru ini akan disosialisasikan agar masyarakat benar-benar paham apa yang dimaksud dengan NP Baru tersebut.

“Kita juga akan membuat simulasi, contohnya untuk sekolah itu kita akan buka terakhir. Kita akan melakukan edukasi dan sosialisasi, termasuk didalamnya monitoring dan evaluasi” Tutupnya.