Pranala.co.id (Limboto) – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo mempimpin rapat terbatas (Ratas), di ruang kerja Bupati, Jumat (08/05/2020). Ratas itu dilakukan guna membahas penyesuasian data penerima Bantuan Langsung Pangan Daerah (BLPD).

Peserta ratas itu antara lain, Asisten III Dr. Yusran Lapananada,Staf Ahlu Bupati Bid. SDM Dr. Zainall Abidin, Kepala Dinas Sosial Dr. Husain . UI, Kepala Bappeda Cokro Katili, MM, Kepala Dinas Perhubungan Ruslan Tatu, SIP, Kepala Dinas Perindag Ir. Gusti Tomayahu, kepala dinas Pemdes Nawir Tondako, Korkab TKSK dan Korkab PKH.

Bupati Nelson menjelaskan, dalam rapat itu pihaknya membahas terkait perubahan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Dimana DTKS di Kabupaten Gorontalo sendiri awalnya berjumlah 57.000 menjadi 95.000.

“Data ini penting sekali bagi kita, sehingga saya sudah ingin memastikan itu. Memang di seluruh Indonesia data menjadi problem,” kata Nelson.

Dirinya berharap update DTKS segera diterima sebelum tanggal 15 Mei sehingga penyaluran bansos baik dari pusat, provinsi, kabupaten dan desa secara bertahap bisa cepat selesai sebelum lebaran.

“Ini perlu dilakukan agar bantuan yang disalurkan tidak tumpang tindih, yang kedua memenuhi sasaran dan semua orang dapat. Karena dana desa itu saya sudah minta menjadi penjaga gawang bagi yang tidak dapat,” ujarnya.

Foto : ist

“Penyaluran bantuan saya sudah beri target sebelum lebaran APBN sudah harus cair semuanya, baik dari dana provinsi, kabupaten juga termasuk Dana Desa kita beri target sampai tanggal 20, karena tanggal 24 lebaran, sehingga rakyat kita punya bantuan apalagi dengan adanya PSBB ini kan kasihan mereka,” pungkasnya.