PRANALA.CO.ID Limboto-, Tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo akan menggandeng dinas pendidikan dan kebudyaan Kabupaten Gorontalo untuk memberikan pendidikan kepada warga yang sudah bertahun-tahun tinggal di huta atau lebih dikenal dengan sebutan “Polahi “.

“Mereka kita fasilitasi untuk sekolah. Alhamndulillah, saya sudah ketemu dengan dinas dikbud dan dinformasikan mereka (Warga Polahi pingin sekolah ) dan membuka diri bisa bergabung dengan masyarakat pada umumnya,” Ungkap Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Dr . Fory Naway.

Wanita berlatar pendidikan dan salah satu dosen di perguruan ternama di Gorontalo itu bertekad untuk menyelesaikan dan tuntas belajar bagi para pelahi.

“Insya Allah, saya akan bertekad tuntas baca- tulis bagi mereka dengan menggandeng diknas dan tenaga pengajar lain,” Tutur Fory Naway.

Ditanya bagaimana teknis belajarnya, bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu mengatakan, pengajar akan datang.” Kita akan melibatkan PKBM-PKBM juga kerja sama dengan masyarakat –masyarakat yang sudah sarjana dekat lokasi mereka tinggal,” Tambanhya.

Fory menuturkan, Para sarjana ini pula akan dilatih teknik mengajar sehingga tidak perlu rekrut tenaga dari luar.

“demikian pula kita akan kerjasama dengan sekolah –sekolah terdekat sehingga mereka (Polahi ) bisa menerima pelajaran secara formal, “ Tandas Fory