Planara.co.id (Kabgor) – Pemerintah Kabupaten Gorontalo Menghadiri Upacara Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dirangkaikan dengan Peresmian Rehabilitas Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo.

Sebelum dimulainya gelar upacara, telah dilakukan adat penyambutan kepada Dr. Jaja Subagja, SH, MH.  selaku kepala Kejaksaan Tinggi Gorontalo oleh Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang didampingi oleh Kepala Kejari Supriyanto serta pemangku adat.

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Kejari Kabupaten Gorontalo Supriyanto serta turut dihadiri sejumlah Kejari yang ada di Provinsi Gorontalo, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T. Ase, Kapolres Gorontalo, AKBP. Ade Permana, S.I.K, Dandim 1314 Gorontalo Utara, Letkol Armed F.A. Gitrias, S.H., MM. dan seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Gorontalo serta undangan lainnya.

Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo menjadi saksi dalam penandatanganan Fakta Integritas Pembangunan Zona Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (26/02/2020) pukul 08.00 Wita, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo Jalan Samaun Pulubuhu, Desa Pone Kec. Limboto Barat, Kab. Gorontalo.

Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo mengucapkan selamat dan luar biasa kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Gorontalo yang sudah mendapat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) yang sekarang menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

“Inshaallah kita berharap WBK dan WBBM ini berkembang di daerah ini terutama di Kabupaten Gorontalo, sehingga melalui Sekda kita akan identifikasi melalui beberpa dinas terutama yang melayani langusng termasuk Disdukcapil, Rumah Sakit, PTSP, dan Sekretariat Daerah. Karena itu langsung menjadi muka kita,”harap Nelson.

Nelson pun menyampaikan bahwa Kejari Kabupaten Gorontalo semoga bisa membimbing, sehingga mudah-mudahan tahun ini akan lolos dibeberapa dinas yang akan menjadi pailot project soal ini.

Lanjut Nelson, Dengan demikian pelayanan pada masyarakat akan lebih baik dan KKN yang menjadi momok kita akan lebih berkurang.

Terakhir Nelson menyampaikan rasa gembira hadirnya Kejari dan seluruh unsur Forkopimda yang di mana sama-sama mempunyai pemikiran dan ruh yang sama untuk bagaimana membangun daerah, sehingga kaitannya dengan masalah hukum lebih pada promotif dan preventif, sehingga seluruh rakyat harus benar-benar menjadi lebih baik dan bersih melalui apa yang kita lakukan bersama.

Photo : Ist

Sementara itu Kejaksaan Negeri Kabupaten Gorontalo Supriyanto, mengucapkan ucapan terima kasih atas terselenggaranya dua kegiatan sekaligus yaitu Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) menuju WBBM.

“Ini kita lakukan karena tahun kemarin 2019 kita sudah mendapat predikat WBK dari Menpan RB, sehingga itu kita tidak boleh sampai di sini sedapat mungkin kita maksimalkan ketahap berikutnya yaitu WBBM yang banyak outputnya,”ungkapnya.

“Output utama dari WBBM itu yaitu pelayanan prima pada masyarakat, pelayanan terhindar dari pungutan-pungutan liar, dan waktu pelayanan lebih cepat,”jelas Supriyanto.

Lanjut Supriyanto berharap melalui jaksa, kami meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo, unsur Forkopimda dan sahabat media massa untuk mewujudkan ini semua serta termasuk kami bisa mendorong kepada pemerintah daerah untuk menularkan virus WBK dan WBBM.

Sementara pula Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Syam T. Ase memberikan apresiasi kepada Kejari Kabupaten Gorontalo atas prestasi yang diraih yaitu WBK.

“Saya Berharap dan berdoa semoga Kejari akan lebih cepat menuju ke Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), dan lebih ditingkatkan pelayanan kepada masyarakat,”ujar Syam.

Kapolres Gorontalo Ade Permana, pun menyampaikan bahwa kami selaku CJS yang sebagai mitra Jaksa sangat bangga dan mendukung atas prestasi yang dicapai yaitu WBK dan pencanangan WBBM.

“Kami selaku CJS mitra Jaksa akan selalu mendukung terkait soal penegakan-penegakan hukum dan kami berharap Kejari Kabupaten Gorontalo akan lebih cepat mencapai WBBM,” pungkas Ade Permana.

 

(Mohammad Afandi)