Pranala.co.id (Gorontalo) –  Minimnya lampu penerangan jalan umum termasuk pedesaan menjadi keluhan setiap warga khususnya Gorontalo, Direktur Utama PT Imza Riski Jaya, Lounching program Indonesia Terang, bertemakan terang pandangnya, terang sandangnya dan terang papannya. Kegiatan itu bertempat di Graha Mufida, Selasa (5/11/2019).

Hi. Erwin Rauf selaku Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan, ucapan selamat datang Kepada Tim Imza Rizki Jaya di bumi Gorontalo, Daerah yang dikenal dengan filosofi syara bersendikan kitabullah, dimana memegang teguh pada Al – Quran dan Khitab.

Lanjutnya, program indonesia terang ialah salah satu program Presiden RI, Jokowidodo, dan memberikan amanah kepada PT. Imza Rizki Jaya untuk memasangkan 5 ribu lampu bertenaga surya (PJU-TS) di Provinsi Gorontalo, masing -masing Kabupaten mendapatkan alokasi 33 titik.

Menariknya, dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Putra Proklamator Negara Republik Indonesia, Direktur PT. Karya Pembangunan Rezki, dan Presiden Direktur PT. Imza Rizki Jaya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Wakil Bupati Boalemo dan Bupati Kabupaten Bonebolango. Launching indonesia terang itu diiringi dengan tarian Saronde khas Gorontalo.

Ahmad Rizal ST, selaku Direktur PT. Karya Pembangunan Rezki, Mengatakan, sejauh ini kesiapan untuk menerangi Gorontalo sudah disiapkan mulai dari kelengkapan admimistrasi desa, hingga ke kota sudah dimaksimalkan. Sementara untuk tingkatan penyelesaiannya, kita masi menunggu produk dari pengadaan

Lanjutnya, Sementara tanggapan masyarakat terkait program ini, sangat terterima karena hal ini tidak melibatkan sama sekali anggaran desa, dan tentunya diluar dari anggaran Daerah, sehingganya mereka tidak tergantung pada dana APBD dan APBNz karena ini melalui dana hibah yang bisa mereka rasakan langsung.

“Program ini pula di khususkan sampai kepelosok, daerah yang memang kurang akan listriknya.” Tuturnya.

Rizal pun menambahkan, Ketertarikan dengan Daerah Gorontalo sebagai salah satu daerah yang akan dibuat terang, karena melihat banyak kerabat, termasuk pemerintah daerah, hingga tim yang bisa saling berkoordinasi dalam pelaksanaan program ini.

” saya salah satu putra dari makassar yang memang banyak kerabat di Gorontalo, adanya program ini kebanyakan orang gorontalo ragu, maka saya mengambil kesempatan ini untuk bisa mengupayakan bagaimana Gorontalo bisa terang dan termasuk sebagai salah satu daerah yang masuk dalam program ini, pengadaan 5 ribu lampu juga tidak dipungut biaya dan akan dibagi 6 wilayah Kabulaten Kota, semuanya dari PT. Imza dan rekanan dari kami.” Tutur Rizal.

Tari Saronde Khas Gorontalo. Foto : Risman

Pantauan Pranala.co.id, Dalam Launching Indonesia Terang, Hj. Rizayati S.H, MM selaku Presiden Direktur PT Imza Rizki Jaya itu menggunakan motiv islamic. Launching tersebut, para peserta diajak untuk membacakan ayat suci Al – Quran Surah Al – Fatihah secara bersamaan sebelum Launching itu dimulai.

Saat di Konfirmasi usai pelaksanaan launching Indonesia Terang, Hj. Rizayati S.H, MM, mengatakan, motiv itu hanya mendoakan saja tanpa adanya motiv lain, ia pun mengatakan dilangsungkan dengan membaca doa, tentunya sebagai bentuk rasa syukur atas apa yang diberikan tuhan kepada indonesia karena

“Karena sayapun dari serambi mekkah, (Aceh)” tuturnya.

Realisasi Indonesia Terang, Rizayati mengaku sudah merintisnya dengan melibatkan kerja sama mitra kerja. Mitra yang telah menjalin kerja sama yakni pabrikan dalam negeri maupun luar negeri diantaranya, korea, Jepang, afganistas serta saudi arabia.

Hj. Rizayati, menambahkan, pengadaan 5 ribu unit lampu untuk Gorontalo secara gratis, dikarenakan sesuai dengan visi misi, untuk membangun negeri, dengan menggunakan uang luar negeri tanpa melibatkan anggaran APBN ataupun APBD

“Kita berjuang dari luar negeri untuk bawa anggarannya ke sini untuk membantu masyarakat indonesia, terpenting ialah kita harus terangi indonesia, saya keliling seluruh indonesia, ternyata banyak diluar sana yang masi gelap, jadi kita butuh penerangan, launcing program ini pertamanya di bengkulu” tukasnya.