Pranala.co.id – Pemerintah Kabupaten Gorontalo resmi mendapat bantuan program pemulihan ekonomi nasional (PEN) dari PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) berupa dana pinjaman sebesar 492 miliar.

Program pinjaman ini disepakati melalui penandatanganan perjanjian pemberian pinjam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Daerah Tahun Anggaran 2021 yang digelar secara virtual, antara Pemkab Gorontalo dan PT SMI Indonesia. Bertempat di Aula Upango Badan Keuangan Kabgor Pukul 19:00 WITA.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan dana PEN ini akan dimanfaatkan untuk pemulihan ekonomi warga. Mengingat Kabupaten Gorontalo sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbanyak dan wilayah terluas, menjadi daerah paling terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan bantuan PT SMI ini untuk memulihkan ekonomi kami di Kabupaten Gorontalo. Ini merupakan modal bagi kami dalam membangun daerah yang akan datang,” ungkap Bupati Nelson Pomalingo.

Penandatanganan Perjanjian Pinjam Pemulihan ekonomi Nasional (PEN) Pemda Kabupaten Gorontalo dan PT. SMI Indonesia.

Sementara itu Direktur pembiayaan dan investasi PT. SMI, Selvi Gani menjelaskan pinjaman PEN ini terbagi atas dua kegiatan, yakni kegiatan tahun tunggal dan kegiatan tahun jamak dengan jangka waktu pinjaman ini 8 tahun. Untuk kegiatan tahun tunggal digunakan untuk membiayai, kurang lebih 9 sektor infrastruktur, dan untuk kegiatan tahun jamak juga digunakan untuk 9 kegiatan.

Lebih lanjut Selvy mengungkapkan bantuan PEN ini ditujukan guna pembangunan yang merata di Kabupaten Gorontalo, untuk menunjang ekonomi, juga menciptakan infrastruktur yang dapat melayani masyarakat, menggerakkan perekonomian, dan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Kegiatan ini salah satu upaya pemerintah Indonesia, dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional (PEN), akibat dampak pandemi Covid-19,” tegasnya.

Dirinya berharap pinjaman PEN ini dimanfaatkan secara maksimal, sehingga masyarakat merasakan manfaatnya secara maksimal pula.

“Harapan kami dana pinjaman ini dapat memberi manfaat sebesar-besarnya untuk membangun ekonomi di Kabupaten Gorontalo, dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Tandasnya.