Pranala.co.id (Limboto) – Akhirnya setelah puluhan tahun, masyarakat desa Olobua dan Buhu kecamatan Tibawa dan masyarakat desa barakati kecamatan batudaa dalam waktu dekat akan menikmati jalan yang diaspal. Di era kepemimpinan Bupati Nelson Pomalingo ruas jalan yang sering dikeluhkan warga ini akhirnya direalisasikan untuk diaspal.

Kepala dinas PUPR, Romi Sahrain mengatakan, baik ruas jalan olobua, Buhu dan ruas jalan barakati saat ini sementara dikerjakan. Kalau jalan olobua terdiri dari dua segmen. Segmen dua di Desa Buhu berupa pengaspalan dan beton itu sementara dilaksanakan. Sedangkan segmen satu yang menuju desa Olobua akan dilaksanakan setelah terbitnya izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan.

Foto : Ist

“Untuk pengurusan Izin sementara dituntaskan dan jika tak ada aral melintang minggu ini selesai,” Kata Romi.

“Anggaran totalnya 17,4 M dengan total panjang jalan 7,6 KM untuk kedua segmen. Sumber anggaran dana alokasi khsusus (DAK), Tahun 2020. Pekerjaan selama 210 hari dan akan berakhir pertengahan September,” Kata Romi lagi, melalui chat WhatsApp Pribadinya, Selasa (04/08/2020).

Lanjut Romi, Kalau untuk Jalan Barakati ada dua sumber anggaran yakni DAU sebesar 1 M dan DAK 1,3 M. “ Yang sudah mulai jalan pekerjaannya sumber anggarannya dari DAK. Sedangkan yang DAU masih tertunda akibat adanya pemangkasan anggaran akibat Covid- 19, “Ungkap Romi.