Pranala.co.id, GORUT – Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin melaporkan kepada Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mengenai perkembangan penanganan covid-19 pada rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) tingkat provinsi.

Senin (30/03/2020), dalam tayangan video conference rapat tersebut dipimpin langsung Gubernur Rusli Habibie yang didampingi Danrem 133/NWB Kolonel Czi Arnold AP. Ritiauw, sementara para pimpinan Forkopimda berada di lokasinya masing-masing.

Indra Yasin yang didampingi Wakil Bupati Thariq Modanggu, para asisten, unsur Forkopimda, Dirut RS-ZUS, telah melaporkan langkah – langkah yang sudah dijalankan oleh Pemda Gorut, termasuk tentang kendala yang dihadapi.

“Jadi dari video mendengarkan laporan langkah – langkah yang diambil oleh pemda dalam rangka mengatasi permasalahan Corona virus ini. Dan Gorut sendiri sudah menyampaikan langkah-langkah yang kita ambil selama ini,” ungkapnya.

Selain kendala itu, pihaknya menyampaikan beberapa langkah strategis yang sudah dijalankan jajarannya dalam mencegah penularan virus mematikan tersebut. Diantaranya, memperketat pemeriksaan di dua pelabuhan penumpang yakni di pelabuhan Anggrek dan pelabuhan kwandang.

Tak hanya pemeriksaan, Pemda Gorut juga sudah menerapkan sistim buka tutup di dua wilayah perbatasan yang menjadi keputusan bersama antara pemerintah Provinsi Gorontalo, Sulawesi Tengah, maupun Sulawesi Utara.

“Pertama tentu kita juga sudah menyusun tim gugus tugas. Dan juga sudah melakukan rapat bersama Forkopimda, serta kami Pemda juga sudah mengambil keputusan – keputusan antara lain, khsusus di perbatasan kita sudah sepakati dua bupati di Bolmut dan Buol. Sehingga melahirkan pemberlakuan jam lintas mulai pukul 18:00 sampai dengan pukul 06:00 WITA,” tuturnya.

Dalam laporannya pun, Indra Yasin menyentil soal penundaan pelaksanaan MTQ ke- 9 tingkat provinsi yang di gelar di Gorut, serta acara Peringatan HUT Gorut ke -13.

“Ya, kami juga sentil masalah penundaan MTQ tingkat provinsi HUT Gorut, serta pameran pembangunan, mengingat permasalah Corona di beberapa daerah ini,” tandasnya. (adv/sarman)