Pranala.co.id – Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) RAY Kota Gorontalo langsungkan pembukaan secara resmi program pendidikan  kecakapan kerja (PKK), jenis keterampilan Otomotif teknik sepeda motor jenjang 2 bekerja sama dengan Mitra Motor, Champion Motor serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun ajaran 2020.

Menariknya, walaupun ditengah pandemic Covid-19, LKP ini akan memberikan pembelajaran dalam berapa kali pertemuan teori secara daring dan untuk pembelajaran praktik secara luring dibagi kelompok. Selain mendididk generasi, LKP ini juga mengikutsertakan didikannya untuk berkompetisi hingga ke kanca Nasional .

Diketahui kegiatan itu turut serta dihadiri oleh berbagai unsur diantaranya, Lurah Wanggaditi, Camat Kota Utara, Diknas Pendidikan dan Kebudayaan,Peserta Didik, serta  Ketua DPD II KNPI Kota Gorontalo .

Marwan Arfan selaku Direktur LKP RAY mengatakan, pelatihan kecakapan kerja tahun 2020 ini, dilaksanakan berkat kerja sama direktorat dan lembaga kursus pelatihan RAY. Pelatihan ini akan berlangsung selama 40 hari kedepan dengan menaju pada kurikulum dan standard kompetensi  lulusan.

“ menjadi output pada LKP ini, para peserta bisa melangsungkan magang ditempat – tempat yang telah bekerja sama dengan LKP ini, dan juga nantinya akan mengikuti uji kompotensi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi kompetensi bidang otomotif. Di tahun ini mengingat perekonomian masyarakat menurun akibat pandemic, maka LKP RAY memberikan keringanan, ditahun ini peserta yang akan mengikuti latihan tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran hingga selesai. Bahkan LKP Ray memberikan biaya transport dan biaya konsumsi dalam bentuk non tunai yang langsung di transfer ke rekening peserta untuk menstimulun agar mereka lebih giat dalam mengikuti kursus ini.” Terang Direktur RAY.

Selaku Camat Kota Utara, Nurdin Mohamadmengatakan Sangat mengapresiasi kegiatan pendidikan kursus dan keterampilan untuk anak muda yang bergerak di bidang otomotif kenderaan ringan ini, tentu dengan adanya pendidikan ini akan sengat membantu generasi dalam menggapai masa depannya  yang lebih baik, hal ini tentu akan tersalurkan dengan diberikannya para peserta  teknik keterampilan penguasaan ilmu mekanik khususnya kenderaan.

“Saya berharap para peserta didik ini menjadi orang – orang yang lebih handal dalam bidangnya, setelah dibekali dengan ilmu mekanik tentunya mereka bisa berinisiasi mendirikan satu bidang usaha perbengkelan, hal ini tentu dapat berdampak positif bagi perekonomian keluarga para peserta dididk..” Jelas Nurdin. (16/9/2020).

Sementara itu di tempat yang sama, Suleman Abdullah, M. Pd selaku Kabid PNF Dinas Pendidikan Kota Gorontalo mengatakan, kecakapan kerja ini tentunya menjadi sebuah wadah dalam meningkatkan kompotensi generasi muda termasuk sebagai wadah penyaluran minat bakat.

“Prosedur memperoleh paket ini sungguh luar biasa perjuangannya, karenanya saya ajak anak – anak ini untuk bersyukur karena bisa mengikuti pelatihan tersebut. Apalagi di LKP ini akan lebih banyak prakteknya dibandingkan teori , terpenting LKP ini sangat bagus karena sudah ada kerja sama dengan berbagai dunia kerja, sehingga setelah dinyatakan lulus dari LKP ini para peserta bisa langsung terjun keduania kerja.” Jelas Suleman.

Sasaran LKP ini bagaimana pendidikan Vokasi bisa langsung action, sehingganya ketika dunia kerja membutuhkan Sumber daya Manusia, tentu para peserta ini sebagai jawabannya. LKP juga memiliki program –program yang membentuk mereka bisa berkompetisi hingga ketingkat Nasional, jadi ini menjadi satu kebanggan Gorontalo.

“Pada prinsipnya janganlah kita meninggalkan bagugal sepanjang untuk mencari kompetisi – kompetisi yang sifatnya berjenjang termasuk pendidikan nonformal, dan sebagai jaaran Dinas Pendidikan tentunya saya akan tetap mengawal program ini  karena kita sangat – sangat mendukung program LKP RAY ini.” Tuturnya.

Sebagai Tokoh perempuan, Dita Anggraini polapa mengatakan sangat mengapresiasi adanya pelatihan – pelatihan untuk generasi muda, apalagi mengingat saat ini generasi dibenturkan dengan masa pandemic yang kebanyakan dari mereka dirumahkan karena tidak ditunjang dengan keterampilan secara spesifik, melalui kursus ini tentunya generasi harus bersyukur Karena mereka bisa dilatih dalam pembentukan skillnya sehingga SDM lebih baik lagi.

Lanjut Ketua KNPI Kota Gorontalo itu dengan adanya pelatihan ini pihaknya sangat berharap generasi inii kedepannnya mampu menciptakan lapangan kerja yang juga untuk meminimalisir tingkat pengangguran yang ada, setiap tahunnya angka pengangguran itu ertambah hal ini di latarbelakangi dengan tidak terbentuknya keahlian ditiap generasi.

“Sebagai tokoh pemuda saya sangat mensuport LKP ini jika memeng programnya untuk membentuk karakter generasi dan mengikutkan mereka untuk bersaing hingga ke kanca Nasional.  Jika memang adanya kompetisi itu, dan KNPI dilibatkan maka secara pribadi saya akan mensupportnya. Buat LKP yang berada di Gorontalo, tentunya LKP ini menjadi lembaga percontohan apalagi skalanya sudah sampai Nasional. Saya berharap para peserta dapat mengikuti latihan ini dengan sebaik – baiknya karena ini untuk kepentingan anda sendiri.” Terang Ketua KNPI Kota Gorontalo.