Pranala.co.id (Limboto) – Realisasi Janji Bupati Gorontalo dalam mewujudkan pembangunan sirkuit permanen di Kabupaten Gorontalo, mendapat apresiasi serta dukungan dari berbagai kalangan, salah satunya datang dari Ketua Ikatan Motor Indonesia di Gorontalo. Sabtu (22/2/2020).

Dalam meminimalisir angka kecelakaan generasi pada balapan liar, serta pengembangan bakat generasi di ajang otomotive, Bupati Gorontalo terus berupaya memacu kinerjanya dalam hal merespon minat dan bakat generasi muda, hal itu dibuktikannya dengan adanya pembangunan sirkuit permanen di Provinsi Gorrontalo yang terletak di Kelurahan Bongohulawa, Kecamatan Kayumerah Kabupaten Gorontalo.

Ketua IMI Gorontalo Ridwan Bobihoe mengatakan, terwujudnya sirkuit permanen yang berkarakter ini, alhamdulillah berkat kerja keras serta responsif Bupati Gorontalo yang dimana pada tahun 2019 menjanjikan akan dibangun wadah generasi muda dalam mengembangkan bakatnya di bidang otomotive, alhamdulillah telah direalisasikan.

“Sirkuit sang profesor yang permanen ini alhamdulillah sudah bisa digunakan untuk roadrace dengan penuh tantangan yang berkarakter dan diakui oleh seluruh pembalap yang ada Se-Sulawesi, tentu ini perlu kita apresiasi.” Tuturnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, crew IMI Gorontalo telah menyampaikan kepada Bupati, bahwa sirkuit pernanen ini dalam menopang Pendapatan Hasil Daerah, tentunya sirkuit ini akan ditambah lagi lintasannya sehingga menjadi multi fungsi, selain untuk road race, tentunya akan ditambah untuk lintasan drag race dan termasuk balapan mobil.

“alhamdulillah tadi kami berbincang dengan Pak Kadis Porapar bahwa akan ada pergeseran dana insya allah pelebaran sirkuit termasuk penataannya bisa lebih baik, dan terpenting kami berharap dengan adanya sirkuit tersebut Gorontalo mampu mencetak bibit – bibit pembalap yang handal dalam mengharumkan nama gorontalo kedepan.” Tuturnya.

Sirkuit Sang Profesor di Gorontalo. Photo : otomotifzone.com

Kepala Dinas Disporapar Syamsul Bahrudin mengatakan, pengembangan dan penataan sirkuit tersebut insya allah kami akan tetap mengacuh pada aturan nasional maupun internasional.”Doakan semoga beliau bisa melanjutkan pembangunan di Kab.Gorontalo, sehingga sirkuit ini bisa dibangun hingga bertaraf internasional dan bisa terwujud, dari janji Pak Menpora, dimana beliau mengungkapkan akan membantu pembangunan tersebut, tentunya hal ini masi sementara kita jajaki, kita doakan saja mudah – mudahan ini bisa terwujud, paling lambat tahun depan bisa terealisasi, karena proposalnya baru kita masukan ke beliau.” Tuturnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo menambahkan, Fasiltas yang akan lebih dikembangkan tentunya lebih kepada sirkuitnya, tentu tambahannya ialah pembangunan tribun bagi para penonton, paddock bagi pembalap, kantinnya, toiletnya serta musholahnya akan dibangun, dan tentu lokasi ini tidak hanya sirkuit, tapi juga bisa menjadi tampat rekreasi.

“Hal itu tentunya kita akan melihat dana APBD kita, serta Sponsor – sponsor yabg ada, hak ini juga sudah kita sampaikan ke tingkat nasional.” Ungkapnya.

Nelson pun mengatakan, Kedepannya ia pun berharap lokasi ini tidak hanya digunakan untuk balapan saja, melainkan dipagi hari masyarakat bisa menggunakannya untuk joging track, Bersepatu roda, karna tempatnya bagus, termasuk oksigennya baik untuk kita sekalian.

“saya kira untuk penambahan lahan 100 meter bisa, untuk menjadi multi guna, karena masi ada lahn yang bisa digunakan, Sehingga tak hanya motor, tapi juga lokasi ini bisa digunakan untuk mobil.”Tandasnya.