Prannala.co.id (Limboto) -, Rumah sakit Umum Dunda (RSUD) Limboto Kabupaten Gorontalo sudah mempersiapkan 9 ruangan untuk menampung pasien yang terpapar virus Covid-19 di Kabupaten Gorontalo.

Pihak pemerintah Kabupaten Gorontalo terus memberikan perhatian akan penaganan kasus ini. Sehingga kesiapan ruangan dirumah sakit pun sudah di siapkan.

” Ada ICU Corona sudah siap. 9 ruangan semua. 1 ruangan berisi 7 pasien, dan 2 ruangan sendiri-sendiri. ” Kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo disambangi usai meninjau ruang itu di RSUD Limboto, Selasa (24/03/2020).

Seperti diketahui, Kunjungan orang nomor satu Di Kabupaten Gorontalo itu, turut didampingi sekertaris Daerah, Ir. Hadijah U Tayeb, Kepala dinas Kesehatan Dr. Roni Sampir, diriktur RSUD Limboto Dr. Irawan, serta sejumlah Pimpinan OPD.

Bupati Nelson mengatakan, Sebagai tempat pertama penaganan, maka itu dimulai dari sana yakni Rumah sakit. melakukan penaganan, pemeriksaan dan penyembuhan, sambil juga ada yang kita rujuk, awasi atau pantau.Tenaga medis juga sudah kita siapkan. Dokternya perawat dan bahkan APD (alat pengaman diri) juga sudah siap.

” Sambil juga kita insentifnya kita siapkan. Bersumber dari pusat dan daerah. Sambil asupan makanan bergizi bagi mereka juga kita siapkan, saya tidak ingin mereka tidak terlayani secara maksimal, kasian mereka terpapar disaat harus menangani pasien terdampak, kan kasian, ” Tandas Nelson.

Tak hanya rumah sakit yang jadi sasaran Bupati Nelson, untuk memastikan penanganan virus corona, Kantor-kantor OPD lainnya pun ditinjau kesiapannya. Sistem protokol kantor –kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gorontalo disiapkan dengan baik.

Mulai dari penyiapan alat cuci tangan, alat tes suhu badan. Sejumlah kantor yang ditinjau antara lain, dinas kesehatan, perpustakaan, dinas sosial, Badan Kesbang serta gedung parmasi Kabupaten Gorontalo.

“ Kita harus atur protokol sistem pelayanan. Masyarakat yang dilayani sebelum masuk kantor diarahkan ke tempat cuci tangan,kemudian dilakukan tes suhu badan, jangan bersalama. Diupayakan untuk menjaga jarak dan terpenting lagi kebersihan lingkungan kantor,” Imbuh Bupati Nelson.

Dari pantauan dalam kunjungan Bupati Nelson, Sejumlah Kantor itu sudah siap dengan sistem Protokol. Dari yang diharapkan, cuci tangan, alat pengukur suhu dan sebagainya sudah terlihat disetiap kantor.

Bupati berlatar belakang akademi itu juga meninjau media center gugus penaganan covid- 19 di di dinas kesehatan Kabupaten Gorontalo. Media center itu adalah pusat informasi gugus tugas kaitannya virus corona.

“ disini ada data, berapa jumlah, dan perlu saya tegaskan lagi, hingga kini tidak ada yang positif corona apalagi meninggal terkait kasus corona dan insya allah ini tetap terjaga dan kalau dapat semua masyarakat dihindarkan dari virus corona itu,” Ungkap Nelson.

Karena itu, saya selalu katakan, orang –orang didalam jaga jarak dan hidupnya harus sehat dan juga membatasi orang dari luar.

“ Karena itu juga, kita suduh mulai ditempatkan orang-orang perhubungan di bandara untuk memantau silkulasi orang Kabupaten Gorontalo keluar masuk dan itu dipantau, kalau dia keluar dimana dan kalau dia balik dimana lagi,” Tandas Nelson, sambil menyampaikan semua kantor OPD akan dikunjungi hari ini pula,” Tutup Nelson.