Pranala.co.id – Berbagai cara telah dilaksanakan oleh Pemerintah dalam rangka menekan laju tindak pidana korupsi di Indonesia. Olehnya semua lembaga baik vertikal maupun horizontal baru-baru ini memperingati Hari Antikorupsi se Dunia (HAKORDIA).

Provinsi Gorontalo sendiri, sejumlah pegiat antikorupsi yang tergabung dalam Sekolah Anti Korupsi (SAKSI) Gorontalo akan melaksanakan puncak perayaan Hari Antikorupsi se Dunia dengan membuat kegiatan edukasi antikorupsi lintas Komunitas di Ekowisata Pinus Motilango.

Jupri, SH.MH selaku Ketua SAKSI Gorontalo menyatakan bahwa “HAKORDIA harus dijadikan sebagai momentum untuk menguat barisan dan menyatakan perang terhadap perilaku koruptif. Sebab kita semua merupakan korban dari korupsi.

Pada pelaksanaan HAKORDIA tahun 2020, SAKSI Gorontalo mengajak sejumlah organisasi seperti pengurus BEM Fakultas Hukum Universitas Ichsan Gorontalo, Saya Perempuan Anti Korupsi (SPAK) Indonesia. diharapkan seluruh peserta dapat hadir agar jiwa integritasnya tetap kokoh dan tidak pernah padam. Mengangkat tema “Integrity Never Die”. Diharapkan seluruh peserta memiliki jiwa integritas yang kuat dan tidak pernah padam.

Untuk susunan acara sendiri pada pelaksanaan HAKORDIA CAMP 2020 diantaranya Talkshow Antikorupsi, Pemutaran Film “Menolak Diam” dan Musik (Kultural Night), pameran lukisan dan games antikorupsi.

Jupri yang juga sebagai penulis buku Hukum itu, menambahkan dipilihnya konsep camping dalam pelaksanaan HAKORDIA tahun ini, selain agar para peserta lebih santai dalam menyerap materi yang nanti akan disajikan, kosep ini juga mengenalkan kepada masyarakat Gorontalo bahwa Pinus Motilango merupakan objek ekowisata dengan desain hutan pendidikan.

“Materi yang nantinya akan disajikan oleh narasumber adalah Mengawal Kepala Daerah Berintegritas, Mengawasi Pengelolaan Dana Desa, Komunikasi dan Kampanye Antikorupsi, Korupsi Sumber Daya Alam dan terahir Perempuan Lawan Korupsi.” Terangnya.

Narasumber yang akan hadir pun mewakili unsur akademisi, aktivis, praktisi hukum, unsur pemerintah daerah serta Tokoh Inspiratif di Provinsi Gorontalo.

Jupri juga mengimbau kepada masyarakat Gorontalo untuk bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan HAKORDIA CAMP di Pinus Motilango pada tanggal 26-27 Desember 2020, guna mempersiapkan generasi bebas korupsi.