Pranala.co.id (Limboto) – Sejak ditetapkan sebagai Kabupaten pada tahun 1959 hingga sekarang, kini Kabupaten Gorontalo mengalami kemajuan, salah satunya kemajuan dalam bidang olahraga yang terus dipacu pembangunannya oleh Nelson Pomalingo.

Nelson mengatakan, Daerah ini terus berkembang bidang olahraga tentunya Pemerintah terus mendorong perkembangan tersebut melalui pembangunan fasilitas olahraga di desa-desa, termasuk anggarannya.

“Saya kira salah satunya liga desa, liga desa yang dilaksanakan bisa dibilang  terbesar di Indonesia Karena ada 205 desa se Kabupaten Gorontalo yang mengikuti pelaksanaan tersebut.

”Kata Nelson saat membuka liga desa di lapangan satria kecamatan Tibawa,Rabu (18/03/2020).

Seperti dikethaui, liga desa yang dilaksanakan adalah gabungan liga kecamatan tibawa, limboto, dan limboto barat. Ia pun berharap kegiatan itu dapat melahirkan para atlet – atlet berprestasi yang akan mewakili tidak hanya di tingkat Kabupaten namun di tingkat Provinsi bahkan tingkat Nasional dan Internasional.

Lebih lanjut  Nelson mengatakan, Kegiatan ini dirangkaian dengan pengukuhan pengurus KONI kecamatan tibawa dan sekitarnya. Adapun  Prestasi yang telah diraih selama ini, antara lain, sepak bola persidago. Termasuk Takraw yang sampai pada  asian games,

“Sudah banyak yang kita torehkan, termasuk pengadaan fasilitas otomotif dalam hal ini Sirkuit balap permanen yang tentunya untuk meminimalisir angka kecelakaan serta melahirkan para atlet balap yang insya allah akan mengharumkan nama daerah tercint ini.” Ungkapnya.

Ia berharap sepak bola ini dilakukan secara terus menerus. “ Saya minta kurang lebih 10 hari kegiatannya yang nantinya dari desa, kecamatan dan Insya Allah di tingkat Kabupaten Gorontalo diikuti dengan baik,” Imbuh Nelson penuh semangat.

Selain pembangunan sirkuit yang telah dibangun di Kabupaten Gorontalo, Nelson juga mengungkapkan akan membuka Sekolah Olahraga, bertujuan untuk meningkatkan Bakat para Generasi.  Dan yang jelas sekolah ini satu – satunya di Provinsi Gorontalo.

“Jadi, orang senang  sepak boal, pagi hari dia belajar teori dan sorenya langsung praktek. Sehingga mereka setiap hari mempunyai ilmu tentang sepak bola sehingga menjadi atlet-atlet hebat, tidak hanya talenyanya tapi benar-benar punya ilmu dalam membangun olah raga,” Beber Nelson.