Pranala.co.id (Olimpiade) – Hari Olimpiade Dunia di selenggarakan pada tanggal 23 Juni. Karena pandemi covid-19, perayaan diadakan online. Perayaan ini dilangsungkan secara digital selama 24 jam latihan bersama. 

Hari Olimpiade Dunia 2020: Pertandingan Olimpiade pertama diadakan di Athena (Yunani) sejak 6 April hingga 15 April 1896. Ada 14 negara yang berpartisipasi dalam pertandingan ini. Hari Olimpiade diperkenalkan pada tahun 1948 untuk memperingati kelahiran Olimpiade modern pada 23 Juni 1894 di Sorbonne di Paris. Jadi Hari Olimpiade pertama dirayakan pada tanggal 23 Juni 1948 oleh 9 Komite Olimpiade Nasional (NOC).

Hari Olimpiade Dunia diperingati pada tanggal 23 Juni di seluruh dunia oleh ratusan ribu orang (tua dan muda) yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga, seperti lari, pameran, musik, dan seminar pendidikan.

 

Sejarah Hari Olimpiade Dunia


Pada 23 Juni 1894, delegasi dari 12 negara berkumpul di Sorbonne (Paris), untuk mendukung proposal “Pierre de Coubertin” untuk menghidupkan kembali Olimpiade. Ini menandai kelahiran Gerakan Olimpiade modern dan landasan Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Hari Olimpiade didasarkan pada tiga pilar;

1. Bergerak

2. Belajar

3. Temukan

 

Mari kita jelaskan pilar-pilar ini secara detail;

1. Bergerak: “Bergerak” mengacu pada segala macam aktivitas fisik untuk orang-orang dari segala usia dan kemampuan. Olympic Day Run, olahraga individu dan tim adalah bagian darinya. Jadi pindah adalah seruan kepada massa untuk melakukan aktivitas fisik dan aktif di Hari Olimpiade.

2. Belajar: Mengacu pada pelajaran tentang kemanusiaan, pendidikan, pencegahan HIV, memeriksa perdagangan manusia, pemberdayaan perempuan, kesadaran kesehatan, perlindungan lingkungan, pembangunan perdamaian, pengembangan komunitas lokal, persahabatan, dan rasa hormat dari semua manusia.

3. Temukan: Ini semua tentang mengundang dan mendorong orang untuk mencoba olahraga dan aktivitas baru yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Ini juga merupakan kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada olahraga yang mungkin tidak mudah mereka akses atau kurang populer di wilayah mereka.

 

Tujuan Hari Olimpiade Dunia

Tujuan Hari Olimpiade Dunia adalah untuk mempromosikan partisipasi dalam berbagai olahraga di seluruh dunia tanpa diskriminasi jenis kelamin, usia, dan kemampuan atletik. Hari ini dimulai untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan dan olahraga di kalangan masyarakat umum melalui berbagai metode.

Hari Olimpiade Dunia saat ini berkembang menjadi lebih dari sekedar acara olahraga. Pentingnya hari ini meningkatkan tujuan karena masalah obesitas meningkat sangat cepat di dunia.

Di satu sisi diperkirakan 160 juta orang Amerika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hampir 65% pria Amerika dan lebih dari 60% wanita mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, sementara hampir 30% anak laki-laki dan perempuan di bawah usia 20 tahun mengalami obesitas atau kelebihan berat badan di AS.

Di sisi lain data baru yang disajikan dalam laporan bersama PBB 2019, menunjukkan bahwa 237 juta orang di Afrika sub-Sahara menderita kronis kekurangan gizi.

Jadi Hari Olimpiade Dunia tidak terbatas pada kegiatan olahraga tetapi upaya internasional yang serius untuk mempromosikan kebugaran dan kesejahteraan di samping cita-cita Olimpiade Fair Play, solidaritas, rasa hormat, dan olahraga di seluruh dunia. (Rilis : jagranjosh.com)