Pranala.co.id-Menjelang Musyawarah Daerah (Musda) Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kab. Gorontalo pada 17 Juli 2021 mendatang, terdapat beberapa nama yang disebut-sebut memiliki kans besar menjadi Ketua KAHMI periode ke-5, menggantikan Safwan Bano yang akan mengakhiri masa kepemimpinannya pada 2021 ini.

Salah seorang diantaranya yang mencuat ke permukaan dan menjadi bahan perbincangan di ruang publik adalah Arifin Suaib, SE, ME yang pernah menjabat Ketua HMI Cabang Limboto periode 1998/1999.

Namanya mencuat dan diunggulkan, bukan saja karena faktor senioritasnya di organisasi KAHMI di Kab. Gorontalo, tapi juga jejak kiprah dan kepemimpinannya di berbagai organisasi yang diembannya selama ini yang sangat layak menjadi rujukan.

Di organisasi HMI, ia pernah menjadi Ketua Cabang Limboto periode 1998/1999 dan pada kepemimpinan di periode ke-4 yang akan berakhir tahun ini, ia dipercaya menjadi Sekretaris Umum MD KAHMI Kab. Gorontalo mendampingi Safwan Bano periode 2016-2021.

Tidak hanya di HMI dan KAHMI, Arifin Suaib juga pernah berturut-turut, menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa STIE DLP Gorontalo (sekarang Universitas Gorontalo) periode 1997/1998, Ketua Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Universitas Gorontalo periode 2000/2001.

Hingga saat ini, ASN Golongan/Pangkat IVb Pembina Tingkat I dan pernah meraih penghargaan sebagai PNS Teladan tahun 2008 ini, dipercaya menjadi Ketua Koperasi Ekaprasetya sejak tahun 2010 dan Wakil Ketua Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) wilayah Gorontalo untuk periode 2020-2024.

Yang menarik, kepemimpinannya di Koperasi Ekaprasetya, tidak hanya diakui dalam tataran realitas dan lokal, tapi juga diakui secara nasional.

Buktinya pada 2017 lalu, Magister Ekonomi dari Universitas Indonesia Jakarta ini, meraih predikat sebagai Ketua Koperasi Berprestasi tingkat nasional dan meraih penghargaan Bakti Koperasi-UKM dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Penerima tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya X tahun dari Presiden RI ini, hingga tahun 2021 menjabat sebagai Inspektur Pembantu Wilayah III di Kantor Inspektorat Kabupaten Gorontalo yang diembannya sejak tahun 2019.

Di tengah kesibukan dan aktifitasnya yang demikian padat, namun semangat dan dedikasinya di organisasi KAHMI tetap menyeruak ke dalam relung-relung jiwanya yang akan terus menjelma menjadi sebuah pengabdian yang tanpa batas.

Hal ini sangat jelas terlihat dari cita-citanya yang hendak mewujudkan KAHMI Kabupaten Gorontalo sebagai Pemadu Gagasan dan Gerak Bangun Daerah yang Diridhai Allah SWT.

Dalam perspektif Arifin Suaib, KAHMI merupakan organisasi yang sejatinya mampu memadukan antara gagasan dan gerakan dalam kerangka memberikan penguatan terhadap pembangunan daerah demi kemaslahatan ummat.

Apalagi selama ini, kiprah dan pengalamannya di Koperasi, diyakini menjadi salah satu instrument penting yang dapat memberikan nilai tambah dalam membangun perekonomian masyarakat di daerah ini.

Untuk memanifestasikan tekad dan semangat itu, Arifin Suaib dalam misinya akan menjadikan KAHMI sebagai organisasi yang mampu mewujudkan keseimbangan sosial dalam kebijakan publik berdasarkan kekuatan moral dan kecendekiawanan.

Selain itu, menguatkan basis nilai ekonomi keummatan, sebagai instrument pencapaian kesejahteraan dan terwujudnya keadilan ekonomi dan berupaya mendinamisir konsolidasi internal dan eksternal guna mengoptimalkan sumber daya insani pembangunan.

Merujuk pada hal itu, maka tidak mengherankan jika Arifin Suaib mengambil tagline “KAHMI Rumah Kita” yang dapat dimaknai bahwa KAHMI sebagai rumah kolaborasi insan cita yang mengemban misi sebagai Social Equilibrium, membangun ekonomi keumatan dan konsolidasi organisasi melalui KAHMI Networking.

KAHMI sebagai rumah selayaknya menjadi tempat untuk kembali bagi seluruh kader setelah penat dengan berbagai aktivitas di luar Rumah.

Juga menjadi tempat menyelesaikan masalah dalam suasana yang penuh persaudaraan sebagai salah satu keluarga yang utuh.

%d blogger menyukai ini: