Pranala.co.id (Gorontalo) – Berpuasa di Bulan Suci Ramadan bagi umat muslim memiliki tujuan untuk meningkatkan pahala, termasuk untuk menjadi lebih bersimpati dengan sesama yang kurang mampu.

Tidak hanya itu, bulan ini sangat ditunggu – tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia, karena dipercaya sebagai bulan yang penuh dengan keberkahan dan menjadikan hidup lebih sehat optimal.

Akan tetapi, di balik semua itu tahukah anda manfaat puasa untuk kesehatan?
Dibulan penuh berkah ini tentunya setiap umat muslim tidak hanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, namun berpuasa juga dapat meningkatkan kesehatan. Termasuk bagi penderita maag.

Seperti dilansir dari wartaekonomi.co.id, Prof. Hardinsyah, MS, PhD selaku Ahli gizi sekaligus Ketua PERGIZI Pangan Indonesia, mengatakan berpuasa juga dapat membantu penyembuhkan penyakit maag.

“Puasa menyebabkan maag hanya mitos, justru sebaliknya. Berpuasa menyembuhkan maag. Selama tidak makan dan minum sampai 13-14 jam, terjadi regenerasi sel. Tukak lambung pun menjadi sembuh kalau dikosongkan (puasa),” ungkap Prof Hardinsyah.

Akan tetapi, penderita maag harus tetap memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsinya selama menjalankan puasa. Prof Hardinsyah menekankan bagi penderita maag untuk menghindari makanan yang terlalu banyak protein dan lemak, tapi perbanyak konsumsi buah serta makanan lain yang mengandung serat.

Prof. Hardinsyah mengatakan bahwa Tukak lambung terjadi karena keasamannya tinggi. Sedangkan protein dan lemak akan membentuk asam. Ketika makan banyak makanan protein hewani dan lemak, pH (lambung) akan menurun atau tingkat keasaman naik.

“Untuk mencegah kenaikan tingkat keasaman, harus ada sayur dan buah. Nasinya pilih nasi merah yang banyak seratnya. Makanan berserat lebih lambat menghasilkan asam atau gula,” ujarnya.

Lain halnya bagi penderita maag akut, Prof. Hardinsyah menyarankan penderita maag akut untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum menunaikan ibadah puasa.