Pranala.co.id, Kabgor – Keputusan rapat adat pada acara penetapan 1 Syawal 1442 H Tonggeyamo di rumah jabatan Bupati Gorontalo bahwa pelaksanaan shalat Idulfitri jatuh pada Hari Kamis 13 Mei 2021 berlokasi di dua tempat.

Di tingkat Kabupaten Gorontalo sesuai keputusan bersama dewan adat, ormas Islam dan pemerintah memutuskan dua lokasi yang masing-masing Masjid Agung Baiturrahman Limboto dan Lapangan Sport Center Limboto.

Pelaksanaan shalat Idul Fitri Kamis 13 Mei 2021 dimulai pukul 07.00 Wita s.d selesai.

Karena masih dalam pandemi covid diHarapkan mematuhi protokol kesehatan dan bagi yang melaksanakan shalat Idul fitri di lapangan sport center mohon membawa perlengakapan shalat.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, pemerintah melaksanakan tonggeyamo dan kalau dipusat namanya sidang isbat.

“Bahkan sebelum indonesia merdeka di Gorontalo sudah ada Tonggeyamo, untuk penentuan awal ramadhan dan akhir ramadhan,” ungkap Bupati Nelson di temui usai kegiatan itu,di rudis Bupati, selasa (11/5/2021).

Bupati Kab. Gorontalo Nelson Pomalingo menjelaskan, Tonggeyamo bisa di sebut Penentuan, sama juga kaya di pusat sidang Isbat, tapi di Gorontalo sendiri melalui adat-istiadat dari awal Ramadhan dan akhir Ramadhan.

“Setelah kita mendengar bersama sidang Isbat di tingkat Nasional, kita tetapkan tanggal 13 Mei 2021 Hari Raya Idul Fitri 1442 H tepatkan pada hari kamis nanti,” tegasnya.

Nelson Pomalingo menyampaikan kebanggaannya karena tahun ini diberikan ruang untuk sholat idul Fitri namun tetap protokol kesehatan.

“Saya berharap walaupun di ijinkan sholat pada tahun ini kita tetap menerapkan Protokol Kesehatan, menggunakan masker, menjaga jarak, di sediakan tempat cuci tangan, dan jaraknya harus tetap di atur,” imbuh Nelson.

Editor : Mira

%d blogger menyukai ini: