Pranala.co.id, Gorontalo – Silatnas III Presnas tidak hanya menyatukan dan menghimpun “Pokok-Pokok Pikiran” para tokoh Gorontalo untuk selanjutnya menjadi dokumen besar Gorontalo dalam mewujudkan Visi Gorontalo Emas 2045, tapi juga melahirkan Resolusi Gorontalo Emas 2045.

Hal itu menjadi sasaran dalam perhelatan Silatnas III yang berlangsung pada 25-26 Juni 2021, di Resto Oraswa Kompleks GORR Kelurahan Biyonga Limboto.

Usai puncak acara Silatnas, para tokoh yang hadir, diantaranya Wakil Ketua MPR-RI, Fdel Muhammad, Anggota DPR-RI Elnino M. Husein Mohi, para Bupati dan Walikota se Gorontalo menandatangani Resolusi Gorontalo Emas 2045 yang terdiri dari 7 point sebagai berikut :

1. Menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Gorontalo berdasarkan pada Aadati Hulo-hulo’a to Syara’a dan Syara’a Hulo-hulo’a to Kitabullah

2. Merawat semangat perjuangan para pendiri Provinsi Gorontalo dalam berperan aktif dalam membangun daerah dan bangsa.

3.Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang handal di segala bidang yang berakhlak mulia dan berakal cerdas-kreatif serta bekerjasama mendorong pengembangan semua potensi Sumber Daya Manusia Gorontalo di Daerah, nasional dan internasional.

4. Memberi ruang kepada generasi baru agar terus menciptakan ide dan karya yang kreatif dan inovatif sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

5. Mendorong pengelolaan dan pemanfaatan Sumber Daya Alam yang secara langsung meningkatkan kesejahteraan rakyat secara adil dan merata di segala sektor kehidupan.

6.Mendorong dan membantu pihak eksekutif dan legislatif dalam penyusunan desain umum (grand desain) dan peta jalan Road Map) 2021-2045 pembangunan Gorontalo Emas

7.Menguatkan Budaya Dulohupa (musyawarah), Huyula, Moheluma (kerjasama/kolaborasi) dalam menyelesaikan masalah-masalah daerah, membangun fasilitas publik yang representatif maupun menyelenggarakan even berskala nasional-internasional, difasilitasi oleh tokoh-tokoh Gorontalo.

Tujuh butir resolusi tersebut ditandatangani oleh seluruh tokoh yang hadir pada Silatnas III sebagai bagian dari ikrar, tekad dan semangat mewujudkan visi Gorontalo Emas 2045.

Menurut Ketua Dewan Pembina Presnas, Prof. Nelson Pomalingo, resolusi ini penting sebagai prasasti yang diharapkan menjadi rujukan akan kesungguhan para tokoh untuk membangun dan memajukan Gorontalo sesuai bidang dan kiprah masing-masing untuk selanjutnya saling memberi penguatan dalam melahirkan sinergitas dan kolaborasi membangun Gorontalo secara keseluruhan.

Diharapkannya, dengan resolusi tersebut, maka berbagai persoalan-persoalan di Gorontalo tidak hanya melahirkan ide dan gagasan solutif, tapi juga melahirkan karya dan karsa yang konstruktif dalam kerangka merancang masa depan Gorontalo Emas 2045.

%d blogger menyukai ini: