Pranala.co.id (Limboto) -, Guna sinkronisasi program,Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway bersama jajarannya akan melakukan road show di 205 Desa Se Kabupaten Gorontalo.

Fory akan segera sambangi 205 desa dalam rangka monitoring dan evaluasi program PKK desa. Kegiatan monitoring itu, telah dimulai, selasa (14/01/2020) di Kecamatan Tabongo dan menyambangi 9 desa di wilayah itu.

Untuk diketahui, sembilan desa yang dikunjung di kecamatan Tabongo antara lain, Desa Limehu, Desa Limehe Barat, Desa Tabongo Barat, Desa Motinelo, Desa Miahudu, Desa Ilomangga, Desa Tabongo Timur, Desa Limehe Timur, Desa Teratai.

Dirinya mengatakan, selain ajang silaturahim, monitoring dan evaluasi program PKK desa ini sebagai ajang evaluasi program –program tahun 2019. Tak hanya itu, road show ini juga dimanfaatkan untuk menampung berbagai aspirasi masyarakat untuk menjadi program kerja di tahun 2020.

“saya melakukan monitoring dan evaluasi program guna mengevaluasi program kerja tahun 2019 juga sebagai ajang sinkronisasi program tahun 2020,” Kata Fory dalam sambutannya.

Bunda PAUD Kabupaten Gorontalo itu menambahkan, evaluasi program tahun 2019 itu penting karena jika ada program yang terlewatkan atau belum dilaksanakan maka akan di cover dan dilanjutkan pada prgram kerja tahun 2020 di masing-masing desa tersebut.

Ia juga memeparakan berbagai program kerja yang terintegrasi dengan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo. “Ada banyak program kerja yang terintegrasi dengan pimpinan OPD untuk memenuhi kebutuhan masyarakat miskin,” Tutur Fory

Fory mencontohkan, program terintegrasi itu anatara lain, khusus untuk para lansia, program itu ada di dinas sosial dan dikerjamakan dengan PKK yakni pemenuhan bantuan bedah kamar lansia. “Bedah kamar lansia yakni pemenuhan fasiltas kamar lansia sehingga lansia itu hidup nyaman dan bahagia,” Jelas Fory Naway.

Istri orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu mengatakan, aspirasi ini penting disampaikan oleh ketua –ketua PKK desa dengan cara mendata masyarakat miskin dan di sampaikan kepada PKK Kabupaten Gorontalo yang akan diperjuangkan di tingkatan OPD. Banyak program yang terintegarasi, bidang kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Untuk itu dirinya berharap, program kerja PKK desa harus dintegrasikan dengan Program PKK kecamatan dan Program PKK Kabupaten Gorontalo. Untuk dketahui, pada kesempatan itu pula, Ketua PGRI Kabupaten Gorontalo beberkan sejumlah program PKK Kabupaten Gorontalo untuk tahun 2020. Antara lain, program persiapan adipura tingkat desa, program pembentukan satgas perlindungan anak dan perempuan setiap desa melalui pokja dua dan empat, program lomba pojok baca disetiap desa.

“Pada prinsipnya selain silaturahim program monitoring hari ini ada tiga tujuannya yakni, evaluasi perbaikan sekertariat PKK desa,. Penataan struktur yang baik, dan penuntasan program kerja,” Tandasnya.