Pranala.co.id– Limboto-, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Syam T. Ase (STA), menegaskan, walaupun ditenagh pandemi covid-19, tradisi tumbilotohe atau malam pasang lampu harus dilaksanakan. Hal ini kata Syam, Guna melestarikan budaya yang hanya ada di Gorontalo itu.

“Walau ditengah melawan virus corona atau covid-19, malam pasang lampu atau tumbilotohe tetap dilaksanakan. Masyarakat harus tetap melestarikan budaya turun temurun itu,” Pinta Syam T Ase dihubungi usai melakukan pasang lampu di rudis Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Selasa (19/05/2020).

Dirinya menambahkan, malam pasang lampu ini sudah tradisi di Gorontalo, jadi tetap harus di lestarikan. “ Tapi malam pasang lampu tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena kita semua dihadapkan dengan pandemi virus corona atau covid-19, namun itu tak harus menghalangi masyarakat untuk tetap melestarikan budaya Gorontalo itu,” Tegas Syam T Ase.

Diakhir penyampainnya, Aleg PPP Itu berharap, masyarakat hendaknya saat ini terus mendukung dan patuhi himbauan pemerintah untuk tetap stay home (dirumah aja). “ tidak usah keluar rumah jika tidak ada hal mendadak atau aktifitas yang dilaksanakan. Jangan keluar rumah kalau hanya untuk jalan-jalan, apalagi aktifitas yang berpotensi kerumunan. Tetap dalam protokol kesehatan sehingga virus mematikan ini dapat diputuskan mata rantainya. Covid-19 lawan kita bersama, mari putuskan mata rantai virus mematikan ini,” Imbuhnya.