Pranala.co.id (Gorontalo) – Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam hal ini Dinas Pariwisata begitu antusias memperkenalkan adat dan budaya masyarakat yang berada di Gorontalo, melalui event karnaval karawo.

Usai pelaksanaan karnaval karawo, Kepala Dinas Pariwisata, Rifli Katili mengatakan kepada pranala.co.id, Karnaval karawo yang ke 9 ini, dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata serta jajaran kementerian.

“Tentu ini menjadi 1 bukti dukungan mereka atas penyelenggaraan Karnaval Karawo, nanti tahun ini event karawo dihadiri menteri pariwisata yang menjadi tranding topik ke 5” tuturnya. (6/10)

Menariknya ungkap rifli, karnaval tersebut di tahun ini dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, tahun -tahun kemarin hanya secara seremoni saja, sehingga pihaknya menyelenggarakan event tersebut secara berbeda antara lain, mokarawo desain motif, kuliner expo hulondhalo, dan seminar celebes tourism, dalam seminat tersebut pembicara langsung dari meneteri dan bupati banyuwangi yang berhasil mendorong pariwisata.

Pantauan pranala.co.id, warna warni adat istiadat masing – masing daerah turut di tampilkan melalui Gorontalo Event Karnaval Karawo, hingga di padati masyarakat.

Foto : Risman

Kadis Pariwisata juga menjelaskan, akan study komparasi di banyuwangi dan mandalika untuk pengembangan kawasan ekonomi khusus pariwisata.

“Pak menteri itu mendorong kita, kalau bicara pariwisata maka harus bicara ekonomi khusus, nah yang kita lakukan untuk Gorontalo Karnaval Karawo ini, tentunya berpengaruh multi player efek terhadap ekonomi di daerah dan juga pengrajin karawo.” Tuturnya.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Aleg Kota Gorontalo, Suhartien Mobiliu (7/10) mengatakan, sangat memberikan Apresiasi event karnaval karawo, karena dihadiri oleh menteri pariwisata serta para tamu dari sulawesi selatan, sulawesi barat dan lain sebagainya, tentu ini menjadi sesuatu yang sangat bagus dalam memperkenalkan daerah Gorontalo.

“Event tersebut selain memperkenalkan Daerah tentu dapat menghibur masyarakat Gorontalo, melalui event ini, sulaman karawo sebagai ciri khas Gorontalo sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat tetangga, hingga Go Internasional.” Tutupnya.

Foto : Risman Taharudin

Foto : Risman

Pakaian adat. Foto : Risman

Gorontalo Karnaval Karawo. Foto : Risman