Pranala.co.id (Limboto) – Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, pasar mingguan di Kabupaten Gorontalo selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akan ditutup. Kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat adanya hanya pasar harian. “Jadi, layanan pasar mingguan ditutup yang ada hanya pasar harian,” Kata Bupati Nelson ditemui usai meninjau pasar datahu kecamatan tibawa dan pasar telaga, Minggu, (03/05/2020).

Pasar mingguan itu besar dan paling banyak dikunjungi masyarakat. Kami menghendaki tetap dibuka pasar mingguan ini, Tapi ternyata susah dikendalikan ”Nah, dalam rangka PSBB dua minggu kedepan, saya berharap ini ditutup tetapi pasar harian yang dilakukan, pasar mingguan ditutup dan harian tetap ada sehingga jaminan ekonomi masyarakat tetap jalan,“ Tutur Nelson.

Ia pun mengingatkan, kalaupun pasar harian tetap dibuka maka protokol kesehatan tetap ada. Ikuti protokol covid-19, pakai masker baik pembeli dan penjual. Kemudian, jaga jarak ini diatur oleh perindag dan pengelola pasar.

Nelson pun mengaskan, Iuran retrebusi ditiadakan. “Yang ada hanya iuran untuk kebersihan dan keamanan, Jadi retribusi tiga bulan saya bebaskan demi para penjual,” Tegas Nelson.

Diakhir penyampainnya Nelson berharap, untuk pasar harian paling cepat dibuka pagi hingga sore pukul 15:00 wita. “Jadi, pagi sampai jam tiga, itu pasar harian yang bisa dibuka,” Harap Nelson.