Pranala.co.id – Ketua Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Gorontalo mendorong pemerintah untuk melakukan komunikasi bersama Kementerian Dalam Negeri guna pengisian kekosongan jabatan Kepala Dinas Koperasi.

Sarifuddin Bano selaku ketua Komisi mengatakan, jika Pemerintah Daerah berinisiatif membangun komunikasi dengan Kemendagri maka tentu lebih baik.

“Saya sangat mendorong kepada Pemda untuk mengkomunikasikan Hal ini bersama Mendagri, karena ini sama halnya dengan apa yang dilakukan DPRD memohonkan persetujuan izin pelantikan terhadap Sekretaris Dewan.” Tuturnya.

Sebagai Komisi yang memiliki kebijakan politik terkait birokrasi, Sarifudin menambahkan, Dirinya sangat mengapresiasi kinerja BKD dalam hal penjaringan atau analisis jabatan terhadap dinas tersebut.

Dari sekian banyak yang mendaftar pada penjaringan tersebut, itu sudah masuk dalam domain BKD, siapa yang nilainya tertinggi sesuai kriteria yang ditetapkan, dari keseluruhan akan diseleksi lagi dan hanya 3 yang diambil, setelah itu diambil lagi salah satu yang memang memenuhi kriteria untuk menduduki jabatarn tersebut.

Secara teknis, Pemda sudah pasti tau siapa yang pantas mengisi kekosongan jabatan tersebut yang memang bisa membawa citra koperasi hingga ke pusat. Tentu disiplin Ilmu, dan pengalaman kerja menjadi perhatian pemerintah.

“Paling tidak dengan konsep The right man on the right pleace and the right man job, tempatkan orang itu pada posisinya dan pada kerjanya yang sesuai dengannya, sehingga yang mengelola koperasi adalah orang – orang yang memang mampu membawa koperasi lebih baik.” Tegasnya.

Menariknya, Dari penjaringan yang dilaksanakan terdapat beberapa nama yang muncul untuk pengisian jabatan Kepala Dinas Koperasi diantaranya, Arifin Suaib dan Zul Kifli Lasalewo yang juga sebagai Plt Kadis Koperasi dan UMKM.

Sebagai ketua komisi, Sarifuddin mengatakan Arifin adalah orang baik, termasuk mereka yang terseleksi itu adalah orang – orang baik Kabipaten Gorontalo, tetapi lagi – lagi kembali ke User sebagai pemakai, dalam hal ini Pemda, Bupati dan Wakil bupati.

“Bapak Arifin Suaib ini adalah orang baik kabupaten gorontalo termasuk lainnya yang mengikuti seleksi tersebut, saya berhaeap siapapun nanti yang ditunjuk pemerintah daerah memang punya basic, paham kondisi perekonomian, paham dengan dinas tersebut. Saya berharap juga kepada Pemda untuk segera membangun komunikasi bersama kementerian agar tidak terjadi vakum of pawer.” Jelasnya

Lanjutnya, kekosongan jabatan itu sudah lama dan hanya di tempati Plt, maka sebagai ketua komisi dirinya mendorong pemda untuk melakukan komunikasi secepatnya sengan Mendagri, karena plt tentu memiliki batasan – batasan kewenangan, dibanding dengan definitif .