Pranala.co.id, Limboto – Pemerintah Kabupaten Gorontalo tiga bulan kedepan terhitung mulai bulan april, mei dan juni membebaskan pembayaran retribusi pajak untuk rektor jasa. “Ya, Insya allah tiga bulan kedepan untuk sektor jasa. Antara lain hotel, restoran dan rumah makan, retribusi pasar, pengguna fasilitas pasar berupa peralatan, loss, kios yang dikelola pemerintah,” Kata Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Senin, (20/04/2020).

Seperti diketahui,Pembebasan pajak daerah dan retribusi dalam rangka pencegahan penyebaran dan penanganan corona virus disease 2019 (Covid 19) di Kabupaten Gorontalo. Ini juga dalam rangka menindaklanjuti intruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor I tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran virus corona di Lingkungan Pemerintah Daerah dan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 440/2436/SJ tanggal 17 maret 2020 tentang pencegahan penyebaran corona di lingkungan pemerintah daerah.

“Bahwa penyebaran virus corona atau covid-19 telah berdampak pada aspek sosial, ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” Jelas Nelson.

Dampak pandemi virus corona antara lain terhadap perlambatan pertumbuhan ekonomi daerah, penurunan penerimaan daerah , dan peningkatan belanja daeran dan pembiayaa, sehingga diperlukan berbagai upaya pemerintah untuk pemulihan perekonomian termasuk untuk dunia usaha dan masyarakat yang terdampak.

“Pembebasan pajak daerah diberikan keppada wajib pajak hotel, dan wajib pajak restoran di wilayah Kabupaten Gorontalo,” Tutur Bupati Nelson.

“Pembebasan pajak daerah dimaksud dilaksanakan selama periode tiga bulan dan selama periode tersebut agar tidak mengenakan pajak hotel atau pajak restoran atas layanan yang disediakan dalam setiap transaksi pembayaran,” Ungkap Nelson.