Pranala.co.id – Diperairan Popayato pada koordinat 00°26′24.06″N 121°24′27.15″E, Tim Gabungan Pos Unit Wanggarasi dan Pos Unit Marisa Direktorat Polairud Polda Gorontalo, melakukan penangkapan terhadap tiga pelaku yang diduga menangkap ikan dengan menggunakan bom ikan.Senin (1/2/2021), pukul 12.08 WITA.

“ Tim Gabungan kami pada hari Senin siang (1/2/2021) berhasil amankan tiga orang pencari ikan yang menggunakan cara-cara yang tidak ramah lingkungan yakni menggunakan bom ikan di Perairan Popayato Pohuwato. Adapun yang diamankan antara lain UE (39),TN (28), dan RL (21) ketiganya berprofesi nelayan,” Jelas Dir Polairud Polda Gorontalo Kombes Pol. Saiful Alam SH.,SIK.,M.H

Pelaku Bom Ikan yang diamankan

Kombes Pol Siful Alam selaku Dir Polairud Polda Gorontalo Menjelaskan, kronologis penangkapan, berangkat dari hasil Analisa dan Evaluasi Kamtibmas dimana masih didapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya penggunaan bom ikan yang digunakan oleh oknum nelayan dalam mencari ikan.

“Atas hasil anev inilah kemudian kami membuat Tim gabungan yakni Pos Unit Wanggarasi dan Pos Unit Marisa Dit Polairud Polda Gorontalo utk melaksanakan patroli di Perairan Popayato.” Tuturnya.

Lanjut Saiful, sekitar pukul 12.08 WITA, tim gabungan mendapati perahu nelayan yang dicurigai menangkap ikan menggunakan bom di sekitar Perairan Popayato, selanjutnya oleh Tim mendatangi perahu nelayan tersebut dan menyergap pelaku yang diduga melakukan penangkapan ikan dengan tidak ramah lingkungan, saat akan disergab, Pelaku mencoba membuang barang bukti, tetapi masih sempat dicegat oleh tim gabungan, selanjutnya pelaku beserta barang buktinya diamankan ke pesisir pantai Lokpon Kec. Popayato dan langsung dibawah ke Mako Ditpolairud utk proses lebih lanjut.

Barang bukti berhasil diamankan Polair Polda Gorontalo

Sementar itu, Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK saat dkonfirmasi terkait penangkapan pelaku bom ikan tersebut, pihaknya membenarkan adanya penangkapan pelaku Bom Ikan di perairan Popayato.

“Iya benar, hari Senin kemarin sesuai informasi dari Dir Polairud Polda Gorontalo telah mengamankan tiga orang pelaku nelayan diduga mencari ikan dengan menggunakan bom ikan, saat ini barang bukti beserta ketiga pelaku sudah diamankan di Mako Dit Polairud guna menjalani proses lebih lanjut,”Tandasnya. (Rls)

%d blogger menyukai ini: