Pranala.co.id (LIMBOTO) – Jika tak ada aral melintang, awal bulan april, Tim penggerak PKK Kabupaten Gorontalo akan menggelar kegiatan Jumpa Bakti Gembira ( Jumbara ).

Memariknya, Jumbara kali ini akan digabungkan antara jumbara PKK, Jumbara lansia, jumbara KB dan jumbara bagi Pembina Pembantu Keluarga Berencana desa (PPKBD) dan Sub PPKBD se Kabupaten Gorontalo.

Kegiatan yang akan berlangsung meriah itu, digelar kerjasama dengan dua Instansi, diantaranya dinas sosial dan dinas BKKBN Kabupaten Gorontalo.

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Naway mengatakan, Peran PPKBD dan Sub PPKBD di masyarakat akan menjadi sebuah kekuatan untuk mendukung semua program yang dilaksanakan di desa terkait pengumpulan data, Kamis (06/03/2020) di sekertariat PKK Kabgor.

Karena itu, melalui jumbara ini peran sebagai kader PPKBD maupun Sub PPKBD keterlibatan dan peran serta sangat membantu peningkatan kualitas manusia di pedesaan.

Lebih lanjut Fory menambahkan, kader PPKBD maupun Sub PPKBD harus memahami dengan benar tugasnya melalui sosialisasi program dan diwujudkan dari berbagai lomba.

“ Lomba itu antara lain, lomba cerdas cermat dan lomba game muatan –muatan program serta tupoksi PPKBD dan Sub PPKBD sehingga bisa mengatahui program PKK yang harus bermitra dengan pemerintah desa dan kecamatan,” Tutur Fory Naway.

Fory Nawai juga mengungkapkan, kegiatan jumbara PPKBD dan Sub akan diikuti ribuan kader termasuk kader Tribina se Kabupaten Gorontalo.

Selanjutnya untuk jumbara lansia ini digelar dalam rangka memperingati hari lanjut usia yang setiap tahunnya diperingati.Lomba –lomba yang dilaksanakan berupa,pemilihan duta lansia (Suami/istri),fashion show,menyanyi lagu keroncong, wawasan perkenalan diri, termasuk pesan –pesan bijak dari lansi.

“Dalam jumbara lansia ini juga akan diisi dengan lomba Tik-tok lansia,mars lansia,pameran hasil produk lansia,termasuk pula lomba vokalia antar penyandang lansia dan lomba pantomim antar lansia,” Beber Fory Naway.

Untuk jumbara PKK, Istri orag nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu menjelaskan,akan ada lomba mars PKK dan diawali dengan Yel-yel PKK, lomba masak menu balita stunting dan ibu hamil serta lomba tenda.

“Peserta jumbara lansia itu dari seluruh kecamatan demikian pula peserta jumbara PKK yang diikuti ratusan kader PKK,dan hari ini rapat kecil sudah terbentuk panitia hingga seksi-seksinya,” Jelasnya.