Pranala.co.id (Pohuwato) – meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat di Pedesaan Mahasiswa asal Pohuwato yang ada di Desa Iloheluma Patilanggio dan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato, membentuk kelompok UKM (Usaha Kecil Menengah) bersama Ibu-ibu Rumah Tangga.

Uniknya lagi, kelompok yang ia bentuk ini, dihuni mayoritas ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan menetap. Menurutnya, hal Ini dilakukannya karena melihat kondisi persaingan perekonomian yang kian terus berkembang dari jaman ke jaman, apalagi beberapa bulan terakhir ini masyarakat dilanda musibah pandemi yang berkepanjangan.

“Persaingan perekonomian terus meningkat, dan saya melihat di Pedesaan banyak potensi alam yang bisa dikelola menjadi berbagai macam produk. Sehingganya pada pertemuan kelompok UKM kami bersepakat untuk memproduksi beberapa hasil pangan yang bisa di manfaatkan yang diantaranya, Daun Kelor sebagai alternatif pencegahan Stanting, Krifik Bitule (Ubi Hutan), Minyak Kepala Kampung dan Soba untuk pembuatan Gula-gula Pahangga,” Kata efendi

Terlebih lagi, dirinya pun menilai bahwa di Pedesaan kemauan masyarakat masih sangat besar apalagi itu dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat.

“Hal yang pertama saya lakukan adalah, melihat kondisi masyarakat di Pedesaan, dan ternyata ada kemauan yang besar dari mereka sendiri, namun hal itu tak pernah tersentuh. Saya pun tak henti-hentinya memberikan motivasi agar mereka yang hari ini hanya bergantung pada pendapatan suami bisa memiliki pendapatan sendiri, apalagi khusus di Desa Iloheluma sistem Gotong Royong masih melekat pada pola kehidupan masyarakat sehari-hari,” ungkapnya. (7/7/2020).

Diakhir kalimat, Ia pun berharap kedepan adanya kelompok-kelompok seperti ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat lain.

“Sampai dengan hari ini saya dan beberapa pemuda yang ikut membantu, masih berkeinginan agar di beberapa tempat lain juga akan terbentuk kelompok-kelompok UKM, walaupun anggaran yang kami gunakan masih bersumber dari suwadaya masing-masing anggota kelompok. dan Insa Allah apa yang kami lakukan hari ini semoga bisa menjadi contoh untuk rekan-rekan yang lain. Dan terlebih penting kami pun akan selalu membuka diri bagi siapa saja yang ingin terlibat, baik itu perorangan atau penggiat-penggiat UKM lainya” tutupnya.