Pranala.co.id-Pemerintah Kabupaten Gorontalo gelar pelatihan bersama pelaku usaha koperasi yang berada di Kabupaten Gorontalo, hal itu diketahui demi meningkatkan skill dan pemahaman para pelaku Koperasi.

Doni Lahati Sebagai PLT Kepala Dinas Koperasi menyampaikan, Keberadaan Koperasi menjadi salah satu motor penggerak utama dalam peningkatan perekonomian di Indonesia, termasuk di wilayah Kabupaten Gorontalo.

Doni juga menungkapkan terdapat beberapa koperasi yang berada di Kabupaten Gorontalo mulai dari yang aktif hingga tidak aktif lagi dari data – data yang ada tentu menjadi fokus dalam pelatihan tersebut guna mendorong kembali keaktifan koperasi agar perekonomian di Daerah Kabupaten Gorontalo semakin meningkat apalagi ditengah pandemi sat ini.

” Jumlah Koperasi yang ada di Kab. Gorontalo jumlah totalnya 421, dari total tersebut yang tidak Aktif 76 koperasi, dan tidak aktif lagi berkisar 345. sehingganya terdapat 60 persenyang aktif,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan,terdapat 2  Latar belakang yang mengakibatkan Koperasi itu tidak jalan yakni; pertama, pemahaman bersama tidak satu, sehingga yang di sebut ribah yang seterusnya tidak terjadi seperti itu karena uang itu dari dia untuk dia, ini yang harus di lakukan pemehaman bersama. Kedua, pengelolanya sebagai pengelolah yang di berikan kepercayaan itu harus bertanggung jawab, harus transparan, harus berinovasion, karena anggota-anggota itu menyerahkan kepada pengelolah, dan yang utama Merancang program yang di lakukan,

Sambung Nelson, Koperasi yang tidak berjalan baik itu yang harus di pertanyakan pengelolanya. ” Saya berharap semoga dengan pelatihan hari ini, lebih bisa menggairahkan, peminat pengusaha koperasi lebih baik lagi di Kab. Gorontalo,” tuturnya. senin (29/3/2021).

 

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: