Pranala.co.id (Kabgor) – Shoping Center salah satu pusat perdagangan limboto yang sempat dikabarkan hangus terbakar sejak tahun 2018 kemarin, kini mendapat perhatian khusus dari Kementerian PU-PR RI. Serta rencanya juga akan mendapatkan bantuan dana untuk rehabilitasi.

Hal tersebut dibuktikan dan ditinjau langsung oleh Wakil Menteri PU-PR RI John Wempi Wetipo beserta rombongan yang ditemani langsung oleh Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo, di Pasar Shoping Center Limboto, yang disambut dengan meriah oleh pedagang maupun masyarakat Kabupaten Gorontalo. Kamis (27/02/2020) sekitar pukul 11.30 Wita.

Di sela-sela peninjauan tersebut, Wamen John Wetipo menerima dokument/berkas berupa proposal rencana rehabilitasi pembangunan pasar yang diberikan langsung oleh Bupati Nelson Pomalingo.

Wamen John Wetipo mengungkapkan bahwa kejadian kebakaran di Pasar Shoping Center Limboto ini sama halnya dengan pasar yang ada di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

“Kemarin saya beberapa waktu yang lalu ada di Bukit Tinggi, Sumatera Barat yang di mana ada satu pasar yang terkenal itu terbakar dan di bangun/rehabilitasi langsung oleh Kementerian PU-PR RI.”ungkap Wamen John.

Peninjauan lokasi Shoping Center Limboto oleh Wamen PUPR RI. Photo : Moh. Afandi

Terkait dengan hal tersebut Wamen John Wetipo menyampaikan bahwa dengan kehadirannya di Pasar Shoping Center Limboto, mudah-mudahan membawa berkah buat masyarakat di Gorontalo khususnya di Kabupaten Gorontalo. sehingga dokumen yang sudah diserahkan akan di olah dan dieksekusi demi percepatan pembangunan kembali pasar tersebut.

“Dokumen/berkas berupa proposal yang sudah ada ini secepatnya akan kita olah dan eksekusi, berhubung juga disini ada Kepala Balai Cipta Karya bahwa mereka akan conreck pada hari senin, dan ini sudah pas sekali waktunya. Mudah-mudahan ini akan segera kita progres nanti kita akan kawal bersama dalam artian apapun yang kita kerjakan bersama tujuannya hanya untuk rakyat.”ucapnya.

Lanjut Wamen John Wetipo menjelaskan bahwa sebagaimana pertumbuhan ekonomi yang ada di Pasar Shooping Center Limboto merupakan perputaran perekonomian, karena ekonomi bisa jalan kalau ada kegiatan pasarnya dan kalau tidak ada pasar pertumbuhan ekonomi tidak akan jalan.

“saya pikir ini, nanti kita akan bersinergi bersama Bupati Nelson untuk memperhatikan ini agar pembangunan Pasar Shoping Center Limboto akan lebih baik dan layak sehingga masyarakat bisa beraktivitas serta perputaran ekonomi semakin baik dan meningkat.”ujarnya.

Terakhir Wamen John Wetipo menyampaikan bahwa dokumen tersebut akan diconreck dan dibahas besok, bersama Kepala Balai Cipta Karya Gorontalo serta akan dirapatkan bersama dengan Pak Menteri PU-PR RI. Karena merupakan tanggungjawab bersama untuk bagaimana lebih cepat mewujudkan pasar tersebut agar rakyat Kabupaten Gorontalo bisa dapat manfaatnya dan ekonomi bisa berjalan dan meningkat.