Pranala.co.id-Alat pemeriksaan Endoskopi kini di miliki oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. M.M Dunda Limboto dan dilaunching oleh Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo, Hendra S. Hemeto, Kamis (08/04/2021).

melalui pantauan media online Pranala, alat endoskop ini digunakan para Dokter untuk memeriksa kelainan yang muncul di saluran pencernaan manusia. Bentuknya berupa tabung atau selang panjang, tipis, dan lentur, serta dilengkapi kamera dan senter pada bagian ujungnya.

Kamera dan senter itu berguna untuk melihat keadaan organ tubuh manusia, dan gambarnya akan ditampilkan pada monitor. Selain kamera, endoskop juga bisa dilengkapi dengan peralatan bedah pada ujungnya, untuk melakukan prosedur medis tertentu.

“Tadi sudah dilaunching alat untuk endoskopi. Alat itu untuk mendeteksi kelainan di saluran cerna,” ungkap Wakil Bupati Kab. Gorontalo Hendra S. Hemeto usai acara launching alat endoskopi di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto.

Hendra berharap, adanya alat endoskop tersebut bisa meningkatkan pelayanan RSUD Dr. M.M Dunda Kepada Masyarakat. Pasalnya, rumah sakit ini adalah salah satu tempat rujukan banyak pasien, yang letaknya berada di Kabupaten Gorontalo.

“Pelayanan kepada masyarakat itu harus diutamakan. Karena kalau tidak bagus, efeknya juga akan sampai kepada pemerintah,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Direktur RSUD Dr. M.M Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo mengatakan, alat pemeriksaan endoskopi tersebut diberikan oleh pemerintah pusat melalui dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA-Bun).

“Rumah sakit yang sudah punya alat pemeriksaan ensokopin ini baru disini (RSUD Dr. M.M Dunda Limboto) dengan RSUD Aloe Saboe,” ujar Irawan.

Direktur RSUD Dr. M.M Dunda Limboto, Irawan Huntoyungo menambahkan, keberadaan alat pemeriksaan endoskopi ini telah menambah jumlah alat medis yang tergolong canggih di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto.

” Semoga dengan alat Endoskopi ini lebih mempermudah pelayanan yang ada di RSUD Dr. M.M Dunda Limboto,” tuturnya.

 

Pewarta : Agung Nugraha