Pranala.co.id (Limboto) – Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo langsungkan rapat koordinasi akhir tahun
Program kegiatan pembangunan tahun 2019 dan persiapan pelaksanaan program kegiatan pembangunan tahun 2020, di hadiri langsung, Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel. Kamis (26/12/2019) bertempat di ruangan madani.

Menariknya, Wakil Ketua DPR RI, apresiasi kinerja Pemerintahan Prof Nelson Pomalingo, karena sudah bekerja keras, dengan hasil – hasil termasuk penghargaan yang diterima.

Bupati Nelson Pomalingo dalam pemaparannya mengatakan, ada dua hal penting yakni apa yang telah dilakukan dan ke dua ialah harapan, mulai dari 2016 hingga 2020. “Sejak menjadi bupati, kami menyusun RPJMD, dan kita mematok di tahun 2016 itu melakukan pondasi sebagai bentuk penguatan, di 2018 kita melakukan akselerasi, dan di 2019 ialah percepatan dan insya allah di tahun 2020 yakni penuntasan.” Tuturnya.

Dihadapan Wakil Ketua DPR RI, Nelson juga menyampaikan Capaian Target RPJMD kabupaten Gorontalo telah diselesaikan hingga mencapai 84 persen, Insya Allah tahun ini 10 persen dan tentu untuk tahun depan tidak sampai 10 persen lagi dituntaskan.

Tatap muka Pemda Kab.Gorontalo dan Wakil Ketua DPR RI. Foto : Risman

“Sesuai dengan janji, RPJMD yang menjadi sebuah kesepakatan pemerintah daerah dengaan eksekutif, legislatif dan masyarakat itu bisa terwujud sampai dengan tahun depan ” Tuturnya.

Lanjutnya, Didalam merancang pembangunan ini, Pemerintah Kabupaten Gorontalo membuat 3 indikator, antaralain, disebut dengan Gemilang, tercapai dan belum tercapai. Gemilang dalam hal ini telah melampaui target, dan untuk yang belum tercapai yakni di tahun depan tidak sampai 10 persen.

“Mudah – mudahan sesuai dengan target, RPJMD ini bisa terselesaikan dengan baik karena beberapa sektor pertumbuhan ekonomi yang naik secara signifikan.” Tuturnya.

Nelson juga menyampaikan Road Map, Perencanaan Pembangunan Kabupaten Gorontalo 15 tahun kedepan.

Hal ini dibuat sehingganya setiap pemerintahan itu punya keberhasilan, road Map nya 15 tahun pak, bukan dalam artian saya ingin 15 tahun menjadi bupati tapi kita ingin agar ini berlanjut dan punya jenjang kedepan. Di tahun 2015 hingga 2020 itu mantap, 2021 hingga 2025 terbilang mandiri dan 2026 hingga 2030 itu madani. Dan tentunya ini sudah sesuai dengan sustanaible devlopment goals.

“Mantap dalam hal ini mempermantap apa yang telah dibuat oleh pemerintahan sebelumnya, dan alhamdulillah hari ini pondasinya lebih kuat lagi, dan untuk mandiri ini dalam rangka kedepan yakni otonomi daerah, tidak boleh kita terus menerus tidak mandiri padahal kemandirian otonomi itu sangat penting.” ujarnya.

“Dengan kemandirian tersebut semoga kabupaten kedepan mampu melampaui daerah – daerah lain yang dimana PAD nya bagus. Daan untuk Madani, tentu mewujudkan masyarakat kita yang lebih maju, modern, elegan dan bermartabat dan inilah cita cita kita sekalian pada tahun 2030 mendatang.

Kabupaten Gorontalo Sebagai Daerah tertua dibandingkan kabupaten yang lain, bahkan ada 2 kerajaan besar yakni hulonthalo dan limboto. Limboto ialah salah satu bagian dari Kabupaten Gorontalo, Dari segi jumlah penduduk terbanyak daripada daerah lainnya.

” tentu ini perlu kita jaga karena ini ialah kabupaten yang punya kerajaan dan juga jumlah penduduk terbesar termasuk dari segi geografisnya kab.Gorontalo ialah sentralnya gorontalo.” Tutupnya.