Pranala.co.id – meluapnya sungai bone tilongkabila membuat bantaran sungai diwilayah kota melebar hingga ke pemukiman dikota Gorontalo.

Dampaknya, beberapa kelurahan di Kota Gorontalo mengalami kebanjiran diantaranya kelurahan padebuolo, kelurahan ipilo, keluran puncur, kelurahan bugis, dan kelurahan talumolo.

Dari pantauan pranala, semakin malam debit air semakin naik secara perlahan, hingga bertemunya air dari sungai dikelurahan siendeng dan kelurahan talumolo, akibatnya  saat malam tadi, air mulai naik ke jalan raya diwilayah puncur hingga Polres Gorontalo Kota.

Walikota Gorontalo Marten Taha dan jajarannya secara cepat langsung langsung turun ke lokasi guna mengevakuasi warga yang masi berada di rumahnya masing – masing.

” banjir ini seperti terlihat lebih besar daripada banjir saat (11/6/2020) sekiranya 3 minggu yang lalu.” Ujarnya.

Walikota Marten Taha mengimbau, bagi warga tetap waspada dan jangan berada dirumah jika terancam, tentunya segera mengosongkan rumahnya.

“Kami menyiapkan pengungsian, di beberapa titik diantaranya, SDN 38, SDN 52, SDN 59, bele li mbui, dan aula kantor walikota. Tempat tersebut disediakan sehingga masyarakat yang terdampak aman berada ditempat itu.” Jelasnya.

Pendistribusian makanan siap saji oleh Walikota Gorontalo

Marten juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkam makanan siap saji untuk didisteibusikan kepada warga yang mengungsi, dan tentunya pemerintah kota gorontalo, bekerja sama dengan aparat TNI Kodim 1304 dalam mendirikan dapur umum dilapangan taruna remaha yang saat ini sedang beroperasi

“Selanjutnya saya akan mengunjungi kelurahan padebuolo, karena ada sekitar 650 pengungsi yang berada dilokasi tersebut, untuk didistribusikan makanan dan melihat kondisi mereka bagaimana.” Jelasnya. (3/7/2020)

Selain menyiapkan dapur umum untuk masyarakat, Walikota Gorontalo ini terus mengoptimalkan pelayanannya bagi masyarakat terdampak banjir, diantaranya menyiapkan posko kesehatan, dilengkapi dengan beberapa tenaga medis untuk menangani masyarakat yang kurang sehat semisalkan, sakit, Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), termasuk gatal – gatal.

“Sekali lagi, saya mengimbau bagi warga, jangan bertahan di dalam rumah jika rumahnya terdampak segera meninggalkan rumahmya dan pergi ke tempat pengungsian yang telah disediakan pemerintah.” Tutupnya.