Pranala.co.id (Gorontalo) – Masyarakat Kelurahan Bulota, Kecamatan Limboto, terus mendukung dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap dirumah selama pandemi covid-19 yang masih menjadi masalah dunia saat ini. Tetapi, terlalu lama berdiam di rumah tak jarang membuat jenuh bahkan stres.

Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan saat berada di rumah bersama keluarga. Karena itu, untuk mencari cara kreatif untuk tetap produktif selama dirumah Kelurahan Bulota memanfaatkan pekarangan rumah untuk berkebun. Bahkan, program ini pun merupakan bagian dan harapan ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. Fory Naway.

Menyikapi hal itu, Lurah Bulota Yusuf Talib, S.IP mengatakan, dengan adanya pandemi selama lima bulan, pemerintah kelurahan secara rutin mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pemanfaatan pekarangan rumah dan kebersihan lingkungan.

“Selama lima bulan kami terus mengajak masyarakat untuk tetap beraktifitas walaupun agak terbatas. Kita tetap beraktifitas di rumah masing-masing memelihara kebersihan dan memanfaatkan halaman pekarangan yang ada. Dengan menanam berbagai macam tanaman yang bermanfaat, seperti tanaman herbal, apotek hidup dan tanaman pangan sebagai kebutuhan sehari-hari,” Kata Yusuf, saat disambangi di kantor kelurahan, Rabu (05/8/2020).

Dirinya mengatakan, kegiatan ini diawali tingkat kelurahan memberikan contoh dengan membuat kebun PKK.

“Alhamdulillah, saat ini sudah bisa dimanfaatkan, sebagian sudah ada yang di panen dan ini sebagai wujud dukungan kami,baik sebagai lembaga pemerintah dan masyarakat kelurahan bulota terhadap seluruh program pemerintah Kabupaten baik itu program PKK Kabupaten Gorontalo untuk kegiatan meriahkan 17 agustus 2020, yakni tentang kebersihan lingkungan dan pemanfaatan pekarangan dan ini sudah menyasar sampai tingkat dasa wisma,” Kata Yusuf lagi.

Yusuf menyebutkan, sampai saat ini, kami melihat sudah hampir seluruh rumah di kelurahan bulota Kurang lebih 65 persen sudah menanam tanaman dengan memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masing-masing.

“Jadi, ini merupakan bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah daerah terutama program ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo yang pada bulan agustus ini juga ada kegiatan lomba penataan pekarangan rumah,” Tandas Yusuf Talib.