Pranala.co.id-Dusun III Desa Dumati Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo lebih dari belasan tahun tak rasakan aliran listrik Perusahaan Listrik Negara (PLN), Akses jalan yang tidak memadai dan aliran air bersih yang susah.

Iwan Mantali warga Dusun Desa Dumati mengatakan, Dusun III Desa Dumati penghuninya sekitar 40 Kepala Keluarga, memiliki berbagai permasalahan tidak memiliki Listrik dan warganya masih butuh perhatian serius dari Pemerintah,

” untuk persoalan listrik, jalan, air bersih di dusun III Dumati ini, sempat di mohonkan ke pemerintah desa setempat, dan akan tapi belum mendapatkan realisasinya. Saat ini Gorontalo sudah merdeka, tapi kita disini belum merasakan merdeka pak,” ungkapnya.

Lanjut kata Iwan Mantali, Pasalnya akses jalan menuju dusun yang berada di puncak Dumati tersebut, pengerasan aspalnya hanya sampai di kawasan wisata Embung Dumati dan selebihnya jalan tanah menuju dusun III.

” Penerangan yang ada di kita di dusun hanya berasal dari panel tenaga surya yang terpasang di beberapa rumah dan hanya mampu menyalakan 4 mata lampu saja,” ujarnya.

Iwan Mantali juga menambahkan, bahwa panel lampu tenaga surya yang terpasang di beberapa rumah tersebut merupakan bantuan dari Anggota Legislatif sekitar beberapa tahun lalu

” Panel surya yang ada awalnya hanya bantuan dari anggota legislatif, itupun belum semua masyarakat yang dapat,” kata Iwan.

Di tempat terpisah Lismanti warga dusun 3 pun menuturkan, lampu, akses jalan, dan air bersih menjadi harapan Warga yang ada disini kepada pemerintah.

” Saat ada hajatan kita lebih susah lagi karena, harus meminjam genset dan membeli solar untuk pencahayaan. Bahkan, lampu yang ada di rumah warga lainnya dipinjamkan ke pemilik hajatan,” jelasnya.

” Semoga pemerintah lebih memperhatikan kita yang ada disini, dan serta bisa mambantu penderitaan masyarakat Dusun III Dumati,” tutupnya.

 

Pewarta : Agung Nugraha.