Pranala.co.id – Perkembangan  jaman saat ini  menuntun masyarakat pada umumnya untuk mampu menyesuaikan dengan era yang ada,semisalkan era modern, saat ini  dikenal oleh masyarakat luas salah satu era yang memang setiap peralatan rumah tangga menggunakan alat yang serba canggih, masyarakat kota hingga pedesaan sejauh ini telah beradaptasi dengan era tersebut hingga jarang masyarakat menggunkan alat rumah tangga yang pernah eksis dimasa jaman dahulu kala.

Berbagai macam alat rumah tangga yang tetap eksis di era modern saat ini hingga tak termakan oleh zaman, salah satunya batu ulekan atau dikenal dengan batu cobek, batu ini terbukti jadi alat masak yang tak punah dimakan zaman.

Sebelum manusia memasuki era modern seperti saat ini, batu cobek dan ulekan salah satu alternative manusia purba pada kala itu untuk menghaluskan berbagai macam tumbuhan untuk dijadikan sebagai olahan makanan, tekhnologi berbahan dasar batu seolah enjadi andalan hingga Berjaya pada jaman manusia purba dahulu kala.

Di Indonesia, cobek sangat populer dijadikan alat untuk menghaluskan bumbu atau sambal. Proses menghaluskan bumbu dengan cara seperti ini dikenal bisa membuat rasa masakan jadi lebih sedap. Tak heran kalau dapur kuliner Indonesia masih tetap melestarikan alat ini dan enggan beralih ke alat penghalus modern.

Istilah cobek maupun ulekan adalah dua benda yang bentuknya sangat berbeda namun keduanya menjadi  salah satu alat yang digabungkan jika digunakan untuk menumbuk bahan alam yang mengandung pignen zat pewarna. Termsuk jamu tradisional juga diracik dengan cara menghaluskan bahannya menggunakan cobek dan ulekan

Istilah cobek merujuk pada alat yang berbentuk lingkaran seperti mangkuk yang berungsi sebagai alas menumbuk, sementara ulekan ialah salah satu benda yang bentuknya seperti pentungan yang dapat digenggam tangan untuk menumbuk. Sehinganya cobek dan ulekan menjadi satu kesatuan yang tak bisa terpisahkan.

Meskipun dibuat dengan bentuk yang sederhana,namun menemukan cobek dan ulekan yang berkualitas bahannya membuat alat satu ini sulit untuk ditemui,  batu cobek asli terbuat dari batu asli, seperti batu gunung berapi, batu sungai dan lainnya,

Salah satu daerah di Indonesia, contohnya bagian pulau jawa sangat terkenal sebagai sentra pengrajin batu cobek dan ulekannya, dengan kualitas yang tidak bisa diragukan lagi, namun sayangnya karena menekan biaya produsen kerap para penjual membuat abut cobek dengan bahan berupa semen.