Pranala.co.id (Limboto) – Universitas Negeri Gorontalo bangun kerja sama dengan Pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo sebagai wujud merealisasikan Tridarma Perguruan Tinggi antara lain, pengajaran, penelitian, dan pengabdian. Kedepan UNG bisa berkontribusi terhadap permasalahan yang ada di kabupaten, termasuk bisa menjadi mitra kerja. (15/1/2020)

Eduar Wolok mengatakan, MOU sebagai Bentuk riil kedepannya, dikarenakan masih banyak guru-guru di kabupaten Gorontalo yang belum sarjana, untuk itu proses mencapai kapasitas level sarjana, UNG siap berkerjasama dengan Pemkab Gorontalo, termasuk dalam sektor pertanian, peternakan serta seni dan budaya, hal ini dikarenakan sebagai input dari Tri darma perguruan tinggi.

Nelson Pomalingo juga mengatakan, pertemuan Kerja sama Pemda bersama pihak UNG, selain MOU, hal ini juga sebagai nostalgia sebagaimana, sebelum menjabat Bupati, dirinya pun pernah menjabat sebagai rektor di kampus tersebut.

Nelson juga menambahkan, membangun Kabupaten Gorontalo, tidak hanya peran pemerintah daerah, namun hal itu tidak lepas dari adanya kolaborasi, karena perguruan tinggi juga sangat berperan penting baik dalam bentuk SDM maupun saran – saran brilian.

Lanjutnya,sebagai bentuk kerja sama tentunya, tidak hanya terfokus dalam pembangunan kabupaten Gorontalo, namun perlu dilakukan bersama pembangunan skala provinsi hingga pada jenjang regional, yakni teluk tomini.

“Dalam membangun kerjasama harus melihat kawasan, tadi juga terungkap soal pembangunan desa, setiap daerah punya dana desa apalagi kabupaten Gorontalo, terkait keguruan, tentu pemerintah dalam hal ini akan terus mendorongnya sebagai pengoptimalan kabupatrn gorontalo.” Tandasnya.