Pranala.co.id, Limboto – Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo mengatakan, kedepan akan terjadi krisis pangan Global. “ Prediksi saya, kedepan akan terjadi krisis pangan global, jadi dunia,” Tutur Nelson saat disambangi di rumah dinas Bupati Gorontalo, Minggu (12/04/2020),

Indonesia termasuk Gorontalo adalah daerah agraris, tanahnya begitu luas. Maka, sudah saatnya mulai sekarang kita membudayakan menanam, menanam dan menanam. “Jadi, jangan ada sejengkal tanah pun untuk tidak ditanami,“ Tukas Nelson.

Produksi pangan kata Nelson dari tanaman dan hewan, peternakan maupun perikanan.

Karena itu, Nelson mengajak kepada masyarakat untuk melakukan dispesifikasi bahan makanan.

Ia mengatakan, Gorontalo itu budaya makan jagung sudah sejak dari dulu. “Kita punya makanan khas milu siram (Binte Bilihuta-Red) dan macam-macam makanan lokal lainnya terbuat dari jagung,” Ungkap Nelson lagi.

Dirinya berharap kedepan, jangan makan beras terus, lakukan dispesifikasi,pencampuran dan itu sudah biasa bagi kita di Gorontalo. Bahkan, Kedepan, Pisang, talas, ubi kayu dan sebagainya dibudayakan untuk menjadi bahan makanan. Itu adalah makanan-makanan sehat yang ada di gorontalo dan gampang kita tanam, Karena itu saya minta lakukan dispesifikasi seperti itu,”sambung Nelson.

Hal ini harap Nelson diusahakan sudah menjadi budaya. Tak hanya dalam rangka ketika krisis pangan,tidak hanya dalam menghadapi pendemi corona tapi itu menjadi budaya.

“Dengan demikian, kita tetap sehat makanan dan pangan akan tahan dalam menghadapi krisis apapun. Kita menanaman, kita melakukan dispesifikasi, kita melakukan makanan yang sehat dengan berbagai jenis makanan khas Gorontalo,” Tutup Nelson.

%d blogger menyukai ini: