Pranala.co.id-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gorontalo gelar sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasif bagi forum warga, organisasi masyarakat, kepemudaan dan komunitas bersama.

Sosialisasi tersebut berlangsung di Hotel Maqna Kota Gorontalo, dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Dr. Roni Sampir, Jumat (23/09/2022).

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Wahyudin Akili, Bawaslu memiliki tujuan untuk menjaga keberlangsungan proses demokrasi yang secara keserentakan diatur dalam ketentuan Perundang-Undangan, sehingga pesta demokrasi di daerah ini akan berlangsung secara maksimal.

“Sebagaimana amanat undang-undang 7 tahun 2017 tugas Bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan pemilu 2024 khususnya,” kata Wahyudin.

Pembukaan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasif bagi forum warga, organisasi. masyarakat, kepemudaan dan komunitas bersama.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Roni Sampir dalam arahannya menekankan bahwa Pemilu merupakan pesta demokrasi atau pesta rakyat yang harus dilakukan dengan suka cita yang penyelenggaraannya telah diatur dalam Perundang-Undangan.

Karena itu ia juga menghimbau, seluruh warga masyarakat Kabupaten Gorontalo berhak dan bertanggung jawab untuk mengawal dan mengawasi terselenggaranya pemilu serentak 2024.

“Maka menjadi tugas kita menyempurnakan kesuksesan jalannya Pemilu yang demokrasi dan transparan pada tahun 2024 nanti,” tandasnya.

Selain itu, Roni Sampir menilai, pelaksanaan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif yang diikuti oleh stakeholder, aparatur pemerintah serta jajaran lembaga yang terkait merupakan bentuk perwujudan kerjasama dan pendekatan yang sangat positif.

Keikutsertaan seluruh stekholder dalam sosialisasi tersebut diminta dapat mendukung terbangunnya pemahaman dan pengawasan Pemilu oleh semua pihak.

“Saya berharap apa yang kita dapatkan dari sosialisasi ini nantinya diimnaskan lagi kepada masyarakat yang lain. Kita harus menyadari betapa pentingnya partisipasi kita pada Pemilu serentak Tahun 2024 nanti,” tuturnya.(Rilis)

%d blogger menyukai ini: