Pranala.co.id-Dalam memperingati Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) tahun 2022, Dinas Perikanan Kabupaten Gorontalo, mengadakan lomba Dayung Tradisional, tepatnya di lokasi Danau Limboto Desa Pentadio Barat Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo, rabu (23/11/2022).

Melalui pantauan awak media Pranala, yang mengikuti dalam pelaksanaan lomba dayung ini, mayoritas dari Nelayan yang ada  di lokasi Danau Limboto, dan dalam aturan lomba tersebut memiliki dua orang dalam satu perahu.

Perlu diketahui juga bahwa lintasan dayung memiliki dua tikungan, dan memiliki tanda saat menang dalam lintasan finis yaitu ada bola tergantung yang akan di pukul oleh para pedayung.

Kemudian, ada 35 regu yang mendaftar, berjumlah 70 orang peserta, Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo telah melepas Start babak Final, dan total hadiah Rp10.000.000 Dari juara 1, 2,3 dan juara harapan 4,5,6.

Saat di temui awak media Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, bahwa kegiatan hari ini yaitu rangkaian Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) tahun 2022, dengan mengadakan lomba Dayung Tradisional, dan antusias masyarakat sangat luar biasa.

” Ini menumbuhkan semangat mereka, untuk bertarung, akan tetapi disisih lain mereka juga harus menjaga Danau ini, dengan acara dayung ini diikuti oleh banyak orang, walaupun kita keterbatasan dana, saya berterima kasih kepada Dinas Perikanan dan Kelautan, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, dan termasuk juga dari Dinas Parawisata yang sudah mensukseskan kegiatan dayung ini,” ungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

Lebih lanjut kata Nelson, bahwa partisipasi rakyat begitu banyak ini, baik dari penonton, sporter, bahkan juga pendayungnya, tadi informasinya dibatasi pendaftarannya karena, waktu hanya satu hari.

” insya allah kedepan kita akan buat, dalam waktu yang lebih,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, di tahun depan insya allah akan dibuatkan seperti ini lagi, para pendayung lebih semangat lagi latihannya, yang kalah jangan berkecil hati akan bertemu kembali di tahun Depan.

” Saya berharap di tahun depan lebih besar lagi, lebih semarak lagi, lebih bergemuruh lagi, bahkan tidak hanya lomba Dayung, bahkan akan ada lomba Zetski nantinya, dan untuk semangat masyarakat,” tandasnya.

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: