Pranala.co.id – Sebagai Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Fatra Sunge mengharapkan, tradisi Dikili tetap dilestarikan kebudayaannya, agar penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW, di tanah Serambi Madina mempunyai ciri khas tersendiri.

Sebagai Ibu Wakil Bupati Fatra Sunge mengatakan, dalam peringatan Maulid Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, 12 Rabbiul Awal 1443 H / 2021 M.

“Secara Tradisional Gorontalo DIKILI ini selalu di laksanakan di setiap masjid, ini juga menjadi suatu tradisi kita turun-temurun yang dilakukan oleh masyarakat Gorontalo,” ungkap Ibu Wakil Bupati Kabupaten Gorontalo Fatra Sunge saat di temui di Masjid Baiturrahman Limboto, Rabu, (20/10/2021).

Wakil Tim penggerak PKK Fatra Sunge juga menjelaskan, Dikili merupakan sebuah tradisi dalam memperingati hari kelahiran Rasulullah Muhammad SAW, atau yang biasa dikenal dengan peringatan Maulid Nabi.

“Yang saya tau Itu selalu dilakukan Zikir dalam satu malam, pada malam Rabbiul Awal,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa Dikili merupakan sebuah kata dalam bahasa Gorontalo yang memiliki sinonim dengan kata Dzikir dalam Bahasa Arab, yang artinya adalah menyebut, mengucapkan atau mengingat.

“Saya berharap dengan adanya tradisi Dikili seperti ini, harus tetap kita lestarikan kebudayaannya, agar penyambutan Maulid Nabi Muhammad SAW, di tanah Serambi Madina mempunyai ciri khas tersendiri,” pungkasnya.

Editor : Mira

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: