Pranala.co.id-Gubernur Gorontalo Rusli Habibie kembali mendapat apresiasi atas dedikasi kepemimpinan dan pemerintahannya selama ini.

Penghargaan kali ini diberikan oleh Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Dr Hadi Prabowo, yang menganugerahi Gubernur Gorontalo Tanda Kehormatan Kartika Pamong Praja.

Anugrah tanda kehormatan ini diberikan atas dedikasi kepemimpinan dan pemerintahan Gubernur Rusli yang dinilai baik dalam pendayagunaan aparatur alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan.

Penyematan tanda penghargaan tersebut dilakukan langsung oleh Rektor IPDN pada Apel pagi di Kampus IPDN, Jatinangor, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022).

Seperti dilansir laman resmi Pemerintah Provinsi Gorontalo, www.gorontaloprov.go.id,
Gubernur Rusli Habibie pada kesempatan itu mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah kehormatan dan menjadi kenangan yang tidak akan pernah ia lupakan.

Gubernur RH lebih lanjut menjelaskan, IPDN dikenal luas sebagai salah satu kampus yang terus mengorbitkan alumni-alumninya yang luar biasa yang dipersiapkan disiapkan sebagai generasi penerus kepemimpinan bangsa dan negara di masa depan.

“Sungguh menjadi kehormatan dan kenangan abadi pada saya momentum hari ini pak Rektor. Saya kedua kalinya ke kampus ini, pertama masih jadi Bupati Gorontalo Utara, kali ini sebagai Gubernur dan menerima anugerah kehormatan ini. Alumni IPDN di Gorontalo Alhamdulillah mampu bersaing. Saya ini dua periode jadi gubernur, didampingi pak Idris Rahim yang juga alumni APDN,” jelasnya.

Rusli mengaku sejak menjadi Bupati dan sekarang jadi gubernur dua periode, sangat memperhatikan alumni IPDN di Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan Rusli yang banyak mempromosikan alumni IPDN untuk jadi pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Saat ini yang membantu saya di provinsi kurang lebih ada 10 orang kepala dinas alumni IPDN, selain itu pula ada yang menduduki eselon tiga dan empat. Begitupula di kabupaten/kota. Lurah camat banyak IPDN. Karena kita percaya bahwa alumni IPDN mampu bersaing dan mampu memegang amanah yang dipercayakan,”tutur Rusli.

Sementara itu Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Dr Hadi Prabowo, dalam sambutannya menyampaikan penganugerahan ini sebagai bentuk terimakasih atas perhatian gubernur Gorontalo dalam memberdayakan alumni IPDN. Hal ini dilihat dari lulusan IPDN yang kembali ke Gorontalo rata rata berhasil sesuai dengan kemampuan yang telah di dapatkan selama belajar di kampus.

“Kami lihat bapak gubernur sangat memperhatikan alumni IPDN. Oleh karena itu, IPDN memberikan penghargaan ini yang tidak lain berdasarkan penilaian kepada bapak yang telah memberikan kesempatan kepada alumni kami, untuk turut ikut membangun pemerintahan daerah di Gorontalo,” ucap Hadi.

Hadi pun berharap semoga kerjasama dan kolaborasi antara IPDN dan pemprov Gorontalo terus berlekanjutan. Dan tentunya harus bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan kepemerintahan di Gorontalo.

“Pak gubernur sudah dua kali kesini. Pertama saya ingat datang kasih kuliah umum tentang wawasan kebangsaan dan juga kasih bantuan kenderaan roda dua untuk operasional siswa. Hari ini datang lagi dan kasih bantuan bis untuk kami. Kami sangat berterima kasih. Bukan saja hanya memberikan peluang untuk alumni IPDN tapi juga ikut membantu secara operasional,” tuturnya.

Kehadiran Rusli sendiri turut didampingi 9 alumni IPDN yang saat ini menjabat sebagai pimpinan OPD. 9 orang tersebut ada nama Kepala Kesbangpol Imran Bali, kepala BPSDM Sofyan Ibrahim, Kepala Dinas Pariwisata Rifly Katili, dan Kepala BKD Zukri Surotinojo.

Ada juga nama Sudarman Samad Kepala SatpolPP, Kepala Dinas Pendidikan Wahyudin Katili, Kepala DLHK Faisal Lamakaraka, Kelala Dinas Kominfotik Masran Rauf dan Kepala Biro Kesra Sri Wahyuni D. Matona.

Editor : Mira

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: