Pranala.co.id-Ini daftar harga Bahan Pokok menjelang Hari Raya Idul Adha di Kabupaten Gorontalo, Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Gorontalo Rahmanto Lahili mengungkapkan, ada yang melonjak naik ada juga yang turun.

Kabid Perdagangan Kabupaten Gorontalo Rahmanto Lahili mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan survey harga, di seluruh pasar, untuk peninjauan hari ini, ada barang yang naik, dan ada juga yang turun.

” untuk beras kemarin, Rp. 14.000 Per liter sekarang tinggal Rp. 13.000, per liter, untuk Cabai merah kemarin Rp. 37.000, sekarang mengalami kelonjakan harga yaitu berjumlah Rp. 42. 000,” ungkap Rahmanto Lahili saat di wawancarai di ruang kerjanya, senin (10/6/2024).

Sementara itu Rahmanto Lahili juga menjelaskan, bahwa untuk telur juga mengalami kenaikan, kemarin Rp. 30.000, sekarang menjadi Rp. 32.000, per kilo, kalau untuk tomat mengalami penurunan, kemarin Rp.25.000, sekarang Rp.24.000, dan harga daging juga naik kemarin Rp. 120.000 sekarang menjadi Rp. 140.000.

” yang paling signifikan naik itu Rica atau Cabai, untuk pengaruhnya, ketika kita melakukan sidak kepada pengepul, karena stok dari luar Daerah yang belum masuk, biasanya mereka bisa dapat 2 sampai dengan 3 ton, sekarang tinggal 500 kilo, sebagian ada di Provinsi Gorontalo, dan sebagian di kirim di Provinsi Manado,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, bahwa petani juga pada saat ini baru menanam, dan bisa diperkirakan Rica ini bisa naik karena stoknya masih agak kosong.

” oleh karena itu, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi melakukan Pasar murah kepada masyarakat. Agar, harga ini minimal bisa bertahan,” pungkasnya.

Pewarta: Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: