Pranala.co.id-Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Gorontalo Rahmat Pomalingo menghimbau, kepada para petani, jika tidak ikuti instruksi pemerintah, untuk menanam dilahan miring harus menanam tanaman keras.

Hal ini sampaikan oleh Kadistan Kabupaten Gorontalo Rahmat Pomalingo, saat ditemui diruang kerjanya Senin (22/11/2021).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo Rahmat Pomalingo mengatakan, kondisi saat ini yang terus diguyur hujan dan sangat berpotensi banjir, sehingga perlu adanya penanaman pohon keras di daerah miring, untuk mengantisipasi banjir.

“Yang membuat banjir ini adalah sedimentasi. Makanya kita bekerja sama dgn BP DAS memberikan bibit tanaman keras kepada para petani untuk ditanam dilahan miring. Sehingga sedimentasi tidak akan terbawa air,” ungkapnya.

Ia juga menghimbau, kepada masyarakat khususnya petani, untuk bersama-sama menanam tanaman keras yang akan dapat mencegah sedimen-sedimen di kemiringan terbawa air, sehingga dapat mencegah terjadinya banjir.

“Kami sekarang tegas, yang tidak ikut instruksi pemerintah, yakni menanam tanaman keras, kita tidak kasih bantuan bibit. Nanti jika sudah menanam baru akan salurkan bantuan,” tutupnya.

Editor : Mira

Pewarta : Agung Nugraha

%d blogger menyukai ini: