Pranala.co.id-Kepala Dinas Pertanian Kab. Gorontalo Rahmat Pomalingo menyambut baik dan siap mendukung penuh program penanaman Kacang Tanah di Kec. Pulubala, khususnya di Desa Bakti.

Hal itu dikemukakannya saat memberikan sambutan melalui Video Conference pada pertemuan pihak Buyer Kacang Tanah dengan anggota Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Desa Bakti Kec. Pulubala, di kediaman Ketua Gapoktan Desa Bakti Samsudin Rasid, Kamis (29/9).

Dijelaskannya, komoditi Kacang Tanah merupakan tanaman yang sangat familiar dengan masyarakat Gorontalo, terutama masyarakat di Kec. Pulubala, Tibawa dan Kecamatan lainnya.

Foto Istimewah

Selain itu, dari segi harga dan prospeknya ke depan, komoditi Kacang Tanah sangat potensial untuk dikembangkan karena harganya yang cukup tinggi melebihi harga jagung dan memiliki daya serap pasar yang cukup tinggi.

Oleh karena itu, Dinas Pertanian Kab. Gorontalo siap mensuport melalui program-program penguatan yang menjadi kewenangan instansinya.

“Saya mensuport program ini karena sangat prospektif” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi dan Tata Kelola (Kabag Ortala) Setda Kab. Gorontalo Rahmat K. Mohamad yang menghadiri langsung pertemuan ini menegaskan, sangat mengapresiasi semangat anggota kelompok tani di Desa Bakti dan semoga ke depan dapat diikuti oleh kelompok tani lainnya di Kab. Gorontalo

Senada dengan hal itu, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kab. Gorontalo, Sumadi, menjelaskan, potensi Kacang tanah sangat terbuka lebar untuk dikembangkan karena memiliki pasar yang jelas.

Dinas Pertanian, ungkap Sumadi sangat mengapresiasi semangat kelompok Tani Desa Bakti yang begitu antusias merespon program penanaman Kacang Tanah ini.

Di bagian lain, pihak buyer, Minto Hadi melalui video Conference mengatakan kesiapannya untuk menampung dan membeli Kacang Tanah hasil produksi petani Gorontalo dengan harga yang kompetitif dan menguntungkan petani.

“Bapak-bapak, ibu-ibu jika menanam Kacang Tanah Saya menjamin menampung dan siap membelinya dengan ketentuan-ketentuan yang ada. Bahkan ke depan, jika produksi kacang tanah di Gorontalo melimpah, demi efisiensi,saya siap membangun pabrik cabang di Gorontalo” ujarnya..

Senada dengan hal itu, perwakilan buyer di Gorontalo, Yusuf Olii pada pertemuan ini memaparkan berbagai hal yang terkait degan program penanaman kacang tanah, prospek dan keuntungannya bagj petani Kacang Tanah.

Dijelaskannya, program penanaman Kacang Tanah ini bukan mengalihkan kecenderungan petani menanam Jagung, akan tetapi petani diharapkan dapat menyisihkan lahan minimal 1 pantango atau lebih untuk ditanami kacang tanah

Dengan begitu, ujar pengusaha muda Gorontalo ini, ke depan para petani memiliki penghasilan tambahan, karena harga kacang tanah yang lebih kompetitif.

Terkait hal itu, Ketua Gapoktan Desa Bakti Samsudin Rasid siap mendukung, mengkoordinir dan mendprong petani yang menjadi anggotanya untuk menanam Kacang Tanah.

Demikian juga, Kepala Desa Bakti, Tima Maliki siap mendorong semangat petani untuk menanam kacang tanah. Hal itu menurutnya cukup beralasan, mengingat pengalamannya yang juga pernah menanam kacang tanah dan hasilnya cukup menguntungkan.

Turut hadir pada kegiatan ini, tokoh adat, Baate Lo Limutu To Pulubala Mahmud Lamadi, aktifis pemuda Gorontalo Robin Bilondatu, dan Dedi Setiawan Mahmud yang secara tegas menyatakan siap mendukung dan mensuport program penanaman Kacang Tanah. (Nn)

%d blogger menyukai ini: